Mantap, UMKM Binaan Angkasa Pura II Ramaikan Tong-Tong Fair di Belanda

  • Oleh : Naomy

Minggu, 11/Sep/2022 15:59 WIB
Tong-Tong Fair di Belanda Tong-Tong Fair di Belanda

BELANDA (BeritaTrans.com) - Mantap, UMKM binaan PT Angkasa Pura II ramaikan Tong Tong Fair. Event ke-62 ini digelar 1-11 September 2022 di lapangan Marienfeld Den haag, Belanda.

Rizki Febriani merupakan UMKM binaan PT Angkasa Pura II bersama tiga mitra binaan lainnya, yang mampu bersaing dengan membawa produk lokal 
kreatifnya ke manca negara. 

Baca Juga:
Angkasa Pura II Kolaborasi Bareng 11 BUMN, Konservasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat di Raja Ampat

Produk yang ditawarkan dalam festival itu jam tangan dari kayu dan produk lainnya yaitu Nasi Kebuli Bintang Sawi, Cokelatin Signature dan upcycle Fabric Craft by Allana. 

Produk lainnya yakni masker topi dan syal Shibori, picnic outdoor set, serta bread basket.

Baca Juga:
ASDP Gandeng Komunitas Lingkungan, Bersihkan Sampah di Sungai Ciliwung

"Dengan membawa lebih dari 35 jenis Produk, pelaku UKMK yang telah menjadi Mitra Binaan AP II dan juga tergabung dalam Rumah BUMN Kota Tangerang Banten telah menunjukan keseriusan kami dalam membina, melatih, dan mempromosikan Produk UMKM," ungkap SGM of Community Development Center, Amirzal, Ahad (11/9/2022).

Program pemberdayaan dan edukasi yang dilakukan oleh AP II berjalan secara berkesinambungan, bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Baca Juga:
Mantap, Melalui Program TJSL, ASDP Terus Bina UMKM Daerah Labuan Bajo

Selain itu, go digital dengan digitalisasi dan automasi bisnis serta pemasaran, go online melalui perluasan pasar menggunakan e-commerce, dan go global dengan strategi menjangkau pasar internasional.

"Pada proses go global, Pasar Tong Tong menjadi medium bagi AP II untuk menyediakan fasilitas business matching dengan international buyer," ujarnya.

Setelah event Tong-Tong Fair berakhir, maka diharapkan ada tindak lanjut yang konkret dalam bentuk kerja sama antara UMKM dengan buyer atau pengusaha di Belanda maupun skala global lainnya.

"Selain mendorong kerutusertaan event internasional, AP II menyediakan ruang
promosi bagi para pelaku UMKM di sejumlah Bandara guna memamerkan produk unggulannya, seperti di Bandara Soekarno Hatta T3 yaitu Gerai Nusantara," kata Amrizal.

Adapun festival Tong-Tong ini sempat vakum pada saat pandemi covid-19 selama dua tahun. (omy)