300 Orang Terlibat Bersih Laut dan Pantai Gelaran Disnav Palembang

  • Oleh : Naomy

Selasa, 13/Sep/2022 09:16 WIB
Kepala Disnav Palembang di sela menyampaikan keterangan kepada pers Kepala Disnav Palembang di sela menyampaikan keterangan kepada pers

PALEMBANG (BeritaTrans.com) - Sebanyak 300 orang terlibat dalam kegiatan Bersih Laut da Pantai gelaran Distrik Navigasi Kelas I Palembang dalam rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2022, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga:
Disnav Palembang Gelar Padat Karya di Sumsel dan Babel Selama 10 Hari

Kepala Distrik Navigasi Kelas I Palembang Marta Hardi Sarwono menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan guna mendukung pelestarian lingkungan maritim dan menjaga alur pelayaran dari kemungkinan adanya sampah dan kotoran.

"Ini tidak hanya digelar menjelang Harhubnas saja namun juga secara kontinyu agar alur pelayaran terjaga kebersihannya," ujarnya.

Baca Juga:
Kepala Disnav Palembang: Ayo Jangan Buang Sampah di Sungai Musi

Adapun 300 peserta kegiatan menurutnya berasal dari berbagai pihak seperti Disnav Palembang, KSOP Palembang, Pelindo, Dishub Palembang, PT BKI, dan stekholder terkait lainnya serta mitra Pemda setempat.

"Diharapkan sinergi ini dapat meningkatkan penjagaan kebersihan di lingkungan maritim terutama di sekitar  wilayah kerja Disnav Palembang," ungkap dia.

Baca Juga:
Meriahkan Harhubnas 2022, Disnav Palembang Gelar Bersih Laut dan Pantai

Ketua Panitia Pelaksana Kabid Operasi Rusdi Efendi menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan guna mendukung PP 83/18 Penanganan Sampah.

"Pelaksanaan di lima area secara serentak," katanya.

Adapun uraiannya yakni 56 orang di Dermaga Disnav Palembang, 48 di Dermaga Bom Baru, 55 orang di Dermaga Pelindo, 46 orang di sekitar Masjid Lawang Kidul, dan 50 di Dermaga Pasar 16 ilir Palembang.

Para peserta dibekali Sapu, skop, garpu garukan, plastik sampah, kaos, dan penunjang lainnya. Mereka bahu membahu mengambil sampah dan membersihkan lingkungan Dermaga dan Sungai Musi.

Didukung armada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Palembang untuk menampung sampah yang dikumpulkan. (omy)