Lulusan BP3IP Jakarta Harus Energik, Tangguh dan Inspiratif

  • Oleh : Naomy

Kamis, 15/Sep/2022 06:42 WIB
Wisuda Perrwira Laut BP3IP Jakarta Wisuda Perrwira Laut BP3IP Jakarta

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta melantik 202 Pelaut Ahli Nautika dan Teknika Tingkat II, III dan IV. 

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Ribuan Peserta Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Voyage Kedua Jakarta- Semarang

Pelepasan Perwira Transportasi ke-49 BP3IP Jakarta ini diselenggarakan menerapkan protokol kesehatan, Rabu (14/9/2022)

Sekretaris BPSDMP, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi saat memimpin upacara menyampaikan bahwa pelepasan perwira transportasi laut kali ini mengusung tema “Through the 49th Graduation of Officers & Engineers Class II, III and IV, We Support The New Technologies, Alternative Fuels, Greener and More Sustainable Future for Marine Environment”, tema ini dinilai sangat update dan menggambarkan kondisi pelayaran saat ini.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Terbitkan Aturan Penanganan Kapal Angkut Kendaraan Listrik

Di mana dunia pelayaran telah mengalami perubahan dalam hal pemanfaatan teknologi, perlengkapan dan peralatan yang lebih mutakhir, peningkatan penggunaan bahan bakar alternatif serta berbagai bentuk tanggung jawab yang baru untuk masa depan  pelayaran yang lebih ramah lingkungan, berkelanjutan dan melindungi lingkungan laut di masa yang akan datang.

“Dengan perkembangan teknologi untuk masa depan pelayaran yang lebih ramah lingkungan tersebut, saya menekankan pentingnya kontribusi para lulusan program diklat pelaut BP3IP Jakarta dalam mewujudkannya, untuk itu saudara dituntut untuk mampu beradaptasi dengan teknologi baru di bidang maritim”, ungkapnya.

Baca Juga:
Dirjen Hubla Tinjau Kesiapan Angkutan Laut Lebaran di Pelabuhan Kalianget

Dia juga meyakini bahwa setelah masuk dunia kerja para lulusan mampu menjadi pribadi yang memiliki kompetensi sesuai dengan yang telah disyaratkan dalam STCW, memiliki mental tangguh untuk dapat bersaing di dunia industri dan mampu melaksanakan tugas di atas kapal serta menyelesaikan permasalahan dengan profesional.

“Apa yang saudara dapatkan selama menjalani pendidikan di BP3IP Jakarta adalah sebuah hardskill yang sudah mengacu pada standar kompetensi STCW, selanjutnya yang perlu saudara tingkatkan setelah lulus adalah softskill untuk menunjang kesuksesan anda di dunia pelayaran," ungkapnya.

Selain itu ia juga mengingatkan para lulusan agar memiliki karakter yang energik, punya nyali, niat dalam bekerja, tangguh dan selalu memberikan inspirasi agar siap menghadapi dinamika perubahan-perubahan dalam industri maupun masyarakat.

“Jadilah lulusan yang punya nyali dan niat ketika bekerja diatas kapal, tunjukkan bahwa kita bisa, pelaut Indonesia bisa!”, ujarnya.

Saat ini BPSDMP telah menetapkan slogan “Prestasi” yang mengandung nilai – nilai Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas, slogan ini telah disosialisasikan ke seluruh lembaga pendidikan di lingkungan BPSDM Perhubungan.

“Nilai-nilai Prestasi ini sangat berguna bagi saudara untuk membina hubungan baik sesama pelaut diatas kapal, unsur professional, unsur etika, unsur standar global dan unsur aspek integritas, tunjukkan pada industri bahwa anda memiliki integritas tinggi dan tidak melanggar aturan serta bisa membawa keuntungan bagi industri. BP3IP Bisa, Kita Jaya, Kita Mendunia," tuturnya.

Peran keluarga dalam mendukung peserta didik sangat penting untuk mendukung kelangsungan di dunia kerja.

“Kepada orang tua dan keluarga, saya ucapkan selamat dan tetap memberikan dukungan serta dorongan kepada para lulusan agar dapat lebih baik dalam menjalankan tugas-tugas selanjutnya," ucapnya. 

Selain itu, dia juga menyampaikan apresiasi kepada para instruktur dan pengajar serta manajemen BP3IP atas segala tanggung jawab dan dedikasinya selama ini sehingga keseluruhan program pendidikan dapat terselenggara dengan baik. 

BP3IP menurutnya, harus mampu menunjukan bahwa mampu bersaing secara nasional ataupun global. 

“Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada para pelatih dan seluruh pendidik yang telah melatih dan mendidik para lulusan, mari kita tunjukan semangat dan bakti kita untuk negara kita tercinta," imbuh Capt. Arif.

Lulusan Program Diklat Pelaut (DP) Tingkat II, III dan IV bidang keahlian Nautika dan Teknika gelombang I, II, III dan IV pada hari ini berjumlah 202 orang, terdiri dari 76 orang DP II dan III ahli Nautika dan Teknika, 50 orang DP II dan III ahli Nautika dan Teknika, 43 orang DP II dan III ahli Nautika dan Teknika dan 33 orang DP IV ahli Nautika dan Teknika. (omy)