Akibat Tergelincir, Truk Nyemplung ke Laut di Pelabuhan Gilimanuk

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 16/Sep/2022 08:18 WIB
Sebuah truk nyemplung ke laut saat hendak masuk ke dalam kapal di dermaga LCM Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Kamis (15/9/2022). (Foto:Istimewa) Sebuah truk nyemplung ke laut saat hendak masuk ke dalam kapal di dermaga LCM Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Kamis (15/9/2022). (Foto:Istimewa)

JEMBRANA (BeritaTrans.com) - Sebuah truk terjun ke laut saat hendak masuk ke dalam kapal di dermaga LCM Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Kamis (15/9/2022). 

Truk dengan nomor polisi N 7941 UQ dan bermuatan rongsokan itu diduga terpeleset akibat landasan yang licin hingga nyemplung ke laut.

Baca Juga:
Pelabuhan Gilimanuk Disiapkan Jadi yang Termodern di Indonesia

Infomasi yang dihimpun, truk tersebut dikemudikan oleh Edy Santoso (28) yang berangkat dari Singaraja menuju Surabaya. Truk awalnya parkir di dermaga LCM. Saat hendak naik ke kapal KMP Tunu Pratama Jaya 3888, truk tersebut mulai bergerak dengan cara mundur.

Edy sempat khawatir bahwa kondisi ban truk yang dia kendarai sudah tipis dan rawan tergelincir. Itulah sebabnya, ia sempat meminta petugas di dermaga untuk mengganjal ban truknya.

Baca Juga:
KMP Tiga Anugerah Mendadak Mati Mesin Sebelum Tiba di Pelabuhan Gilimanuk

"Karena diminta tiket, saya minta tolong petugas agar ban truk diganjal dulu," ujar Edy kepada wartawan, Kamis (15/9/2022).

Namun, petugas di dermaga ternyata tidak mengikuti permintaan sang sopir truk. Mengingat kondisi landasan yang licin karena hujan, truk mendadak mundur hingga terjun ke laut. Menurut Edy, waktu itu truk yang dikendarainya dalam posisi gigi satu.

Baca Juga:
Hari Raya Nyepi, ASDP Tutup Pelayanan Penyeberangan di Ketapang

"Truk meleset dari pintu kapal dan akhirnya nyemplung ke laut," ungkapnya.

Setelah kejadian tersebut, Edy yang sendirian di dalam truk berusaha menyelamatkan diri. Beruntung, truk tidak nyemplung di laut yang terlalu dalam sehingga dia cukup mudah kembali ke dermaga.

Edy selamat dan tidak mengalami luka-luka meski pakaiannya basah kuyup. Sementara surat-surat dan tiket penyeberangan masih tertinggal di dalam truk.

Terkait proses evakuasi, truk ditahan menggunakan tali untuk kemudian ditarik dengan kendaraan derek.(fhm/sumber:detik)