Heboh Video Ketua Banggar DPR Said Abdullah Naik Jet Pribadi, Berapa Jumlah Hartanya?

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 21/Sep/2022 13:21 WIB
Potret Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah merokok dalam pesawat pribadi. Twitter/gagahwicaksana Potret Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah merokok dalam pesawat pribadi. Twitter/gagahwicaksana

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Ketua Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Said Abdullah ramai dibicarakan karena sebuah video yang memperlihatkan dirinya diduga menaiki jet pribadi. Video itu beredar di media sosial Twitter dan menunjukkan Said sedang berbincang santai dengan beberapa rekannya sambil merokok.

Lalu bagaimana dengan harga kekayaannya? Merujuk pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diserahkan ke KPK, Said terakhir menyetorkan laporannya pada 2021 dan memiliki total kekayaan sebesar lebih dari Rp 84,5 miliar.

Baca Juga:
Pesawat Jet Pribadi Jatuh di Jalan Tol Malaysia Tabrak Mobil dan Motor

Sebagian besar hartanya merupakan tanah dan bangunan di Balikpapan senilai Rp 61,9 miliar. Aset berupa tanah dan bangunan itu tersebar di beberapa wilayah mulai dari Jakarta Selatan, Cilacap, Sumenep, Surabaya, yang semua tercatat hasil sendiri.

Sedangkan untuk kendaraan dan mesin, Said tercatat memiliki dua kendaraan bermotor roda empat yakni satu unit mobil merek Fortuner Jeep tahun 2016 senilai Rp 490 juta dan satu unit Alphard Minibus tahun 2016 seharga Rp 1,2 miliar.

Baca Juga:
Elon Musk Bakal Ganti Pesawat Jet Pribadi Model Terbaru, Ini Speknya

Aset lainnya berupa harta bergerak lainnya senilai 2,5 miliar, surat berharga Rp 566 juta, serta kas dan setara kas senilai 17,7 miliar. Di LHKPN, Said tercatat tidak memiliki hutang.

Viranya video Said diunggah akun bernama @GagahWicaksana pada 16 September 2022. "Wadow, Ketua Banggar DPR RI dari PDI-P, yang akan menghapus daya 450 VA menjadi 900 VA naik private jet mantab bukan?! Bangga ya bisa pamer kemewahan di saat masyarakat masih merangkak untuk memperbaiki ekonominya," cuit dia.

Baca Juga:
Kepemilikan Jet Pribadi Juragan 99: Kerja Sama Bukan Beli

Di awal video berdurasi berdurasi 45 detik Said tampak memberikan sebuah benda kecil kepada seorang pria yang ada di belakang kursinya. Dia terlihat menikmati waktu penerbangan sambil memegang rokok dengan tablet yang dipangkunya, lalu tampak seorang pramugari yang memberikan makanan,

"Yang penting, di pesawat bisa ngerokok itu nomor satu," kata Said kepada rekan di sebalahnya dibalas dengan gelak tawa penumpang lain. Kemudian rekannya menjawab: “kalau pesawat sendiri lain pak.”(fh/sumber:tempo)