BPSDMP Dorong Kampusnya Tingkatkan Recovery Usai Pandemi

  • Oleh : Naomy

Rabu, 28/Sep/2022 22:06 WIB
Kepala BPSDMP tandatangani prasasti Kepala BPSDMP tandatangani prasasti


TANGERANG (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Udara (PPSDMPU) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) gelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis), Rabu (28/9/2022).

Adapun temanya yakni "Mewujudkan Lembaga Pendidikan dan dan Pelatihan Matra Udara yang Tangguh di Masa Recovery" dan dibuka Kepala BPSDMP Djoko Sasono.

Baca Juga:
Lantik 144 Lulusan BP3IP Jakarta, Kepala BPSDMP: Kuasai Teknologi Pelayaran Terbaru!

Djoko menyampaikan, rakornis ini akan berfokus pada kolaborasi, koordinasi, dan Prestasi. Karena pada dasarnya tujuan yang akan dicapai tidak dapat diusahakan sendiri, namun memerlukan sinergi dan kolaborasi. 

"Mengoptimalkan link and match  dengan mulai mengindentifikasi kekurangan dalam perencanaan serta berkomitmen melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan industri," tuturnya.

Baca Juga:
Kampus BPSDM Perhubungan Harus Berinovasi dan Adopsi Teknologi

BPSDMP mempunyai peran strategis untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan SDM transportasi udara yang memenuhi standar nasional dan internasional.

"Lembaga pendidikan dan pelatihan yang memiliki akreditasi, sertifikasi, approval training dan selaras dengan kebutuhan industri akan menghasilkan lulusan SDM transportasi udara yang ber-Prestasi yaitu profesional, beretika dan memiliki standar global, berintegritas, serta berkomitmen terhadap pelayanan jasa transportasi udara yang safety, secure, services dan compliance," ungkapnya.

Baca Juga:
Kepala BPSDMP Wisuda 143 Lulusan PIP Semarang

Djoko menekankan terkait outlook penerbangan di era pandemi, dimana lembaga pendidikan dan pelatihan di lingkungan BPSDMP dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan  transportasi udara, harus didukung dengan fasilitas yang mampu mendorong munculnya ide ide kreatif dan inovatif, dengan pembenahan smart campus menuju lembaga pendidikan dan pelatihan yang world class.

"Smart campus, inovasi dan peningkatan mutu pendidikan dan pelatihan dengan penetapan standar, digitalisasi bahan ajar, kerja sama industri dan peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan itu harus terus ditingkatkan," ujarnya. 

Selain Rakor, pada kesempatan ini, juga dilaksanakan peresmian gedung kerja sama internasional, penandatanganan prasasti pembangunan asrama pangpang Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi, sekaligus pembukaan babak final lomba inovasi.

Dia berharap, dengan adanya gedung kerja sama internasional dan asrama sebagai sarana prasarana penunjang pendidikan, dapat memacu produktivitas dengan munculnya ide kreatif yang nantinya akan menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkelanjutan.

Selain itu, dengan inovasi akan memberikan warna yang berbeda, diperlukan evolusi dan energi yang kita punya untuk perubahan yang lebih baik, inovasi juga disertai dengan riset yang mendalam terutama dalam dunia transportasi udara, dan beasiswa menjadi salah satu program inovasi. 

“Inovasi merupakan sesuatu hal yang menarik, saya harap dapat berlomba lomba dengan rasa cinta membangun suatu progres dengan kolaborasi dan melakukan review dengan harapan menghasilkan suatu inovasi yang bagus, Seperti halnya lomba inovasi PPSDMPU Tahun 2022, sebagai momentum kebangkitan insan muda transportasi penerbang yang berpikir aktif, cerdas, energik, memiliki nyali, tangguh, inspiratif, lentur dan tepat guna mendukung keselamatan transportasi yang berkelanjutan," tambahnya.

Adapun lomba inovasi yang diselenggarakan ini meliputi dua kategori yaitu pertama Peningkatan Layanan Perkantoran, Penguatan Kelembagaan, Digital Branding Marketing BLU. 

Kedua Transformasi Layanan dan Pengembangan Digitalisasi Pendidikan dan Pelatihan dengan diikuti 61 orang pegawai dan taruna yang berasal dari  UPT PPSDMPU.

Di akhir sambutannya, Kepala BPSDMP mengapresiasi  dan  berpesan untuk selalu menjaga sarana dan prasarana dan mengelola dengan baik apa yang sudah dimiliki 

"Saya ucapkan selamat kepada PPSDMPU dan Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi atas peresmian gedung kerjasama internasional dan asrama pangpang API Banyuwangi, semoga PPSDMPU dan API Banyuwangi dapat menjadi pusat pendidikan dan pelatihan transportasi udara yang menghasilkan SDM yang andal, dan memiliki kompetensi yang bersaing baik secara Nasional maupun internasional," tutupnya 

Pada kesempatan yang sama dilakukan penandatangan kerja sama pertukaran pelajar antara Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug dengan Politeknik Penerbangan Palembang untuk Program Studi Operasional Bandara Udara (OBU) dan Manajemen Bandara Udara (MBU),  Politeknik Penerbangan Medan dengan  Politeknik Penerbangan Surabaya untuk Program Studi Teknik Navigasi Udara (TNU),  Politeknik Penerbangan Surabaya dengan Politeknik Penerbangan Jayapura untuk Program Studi Teknik Listrik Bandara (TLB), Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) curug dengan Politeknik Penerbangan Surabaya untuk Program Studi Teknik Bangunan dan Landasan ( TBL) dan Politeknik Penerbangan Makassar dengan Politeknik Penerbangan Jayapura untuk Program Studi Manajemen Lalu Lintas Udara (MLLU). (omy)