Waskita Karya Tingkatkan Modal Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi Rp 90 Miliar

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 29/Sep/2022 13:54 WIB
Proyek pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Proyek pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) kembali melakukan penguatan modal usaha. Kali ini, perseroan meningkatkan dana sebesar Rp 90,7 miliar kepada PT Trans Jabar Tol (TJT). Adapun TJT merupakan anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR) yang memiliki hak konsesi 45 tahun untuk mengelola Jalan tol Bogor–Ciawi–Sukabumi sepanjang 54 km.

Penguatan modal yang berlangsung pada 26 September 2022 itu diekseskusi Waskita melalui WTR dengan cara menyerap sebanyak 181.552 saham yang diterbitkan TJT. 

Baca Juga:
Peroleh PMN R28 Triliun, Hutama Karya Kebut Penyelesaian Tol Trans Sumatera

"TJT telah melakukan peningkatan modal ditempatkan dan disetor sebesar Rp 90,776 miliar atau sejumlah 181.552 saham yang seluruhnya diambil bagian oleh WTR," tulis manajemen Waskita dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (29/9/2022).

Adapun nilai transaksi tersebut mencerminkan 0,46% dari ekuitas Waskita Karya sebesar Rp 19,93 triliun dan 0,40% atau sebanding Rp 22,66 triliun dari ekuitas WTR berdasarkan laporan keuangan konsolidasian per Juni 2022.

Baca Juga:
META Jejaki Peluang Akuisisi Jalan Tol Milik Waskita Karya

Sejalan dengan itu, saham yang disetor dan ditempatkan WTR atas TJT pun meningkat dari sebelumnya 3.821.153 atau sebanding dengan nilai nominal Rp 1,9 triliun, kini bertambah menjadi 4.002.705 saham atau setara Rp 2 triliun.

Waskita Karya menjelaskan, peningkatan modal tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pendanaan TJT sehingga diharapkan dapat memaksimalkan kinerja usahanya dan memberikan nilai tambah bagi perseroan sebagai pemegang saham WTR.

Baca Juga:
Progres Pembangunan Tol IKN Sudah 53%, Waskita Karya Kebut Pengerjaan Tahun Depan Kelar

Waskita merupakan pemegang saham WTR dengan porsi kepemilikan sebanyak 92,10% saham. Sedangkan WTR menggenggam sebanyak 99,99% saham TJT. Dengan demikian, transaksi ini termasuk transaksi afiliasi.

Sekadar informasi, emiten konstruksi pelat merah ini gencar menyuntikkan modal kepada beberapa anak usahanya. Sebelumnya, perseroan melaui WTR juga telah meningkatkan modal sebesar Rp 35,2 miliar kepada PT Waskita Bumi Wira (WBW) pengelola Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM).

Transaksi-transaksi afiliasi tersebut merupakan bagian dari rangkaian kucuran dana yang disuntikkan perseroan kepada WTR sebanyak Rp 6,42 triliun yang berasal dari dana Penyertaan Modal Negara (PMN) 2021 sebesar Rp 7,9 triliun.

Sesuai rencana, pada tahun ini Waskita juga akan kembali memperoleh PMN sebesar Rp 3 triliun untuk menyelesaikan pembangunan dua ruas tol yaitu Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (KAPB) Tahap 2 dan Tol Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 3.
(Fh/Sumber:Investor Daily)