Indonesia Siapkan Jet Tempur `Siluman` 2040

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 30/Sep/2022 16:23 WIB
Foto: KF-21 Boramae (Tangkapan Layar via Twitter @Kemhan_RI) Foto: KF-21 Boramae (Tangkapan Layar via Twitter @Kemhan_RI)

Jakarta (BeritaTrans.com)  - Indonesia memberi sinyal akan menggunakan jet tempur 'siluman' generasi 4.5 KF-21 Boramae yang merupakan kerja sama Indonesia dan Korea Selatan yang diawali pada periode Presiden SBY dan dilanjutkan pada era Presiden Jokowi. Indonesia memang membutuhkan jet tempur ini hingga periode 2040.

Wamenhan M. Herindra sempat bertemu Menteri Pertahanan Korea, Yang Mulia Lee Jong-Sup & Menteri DAPA (Defense Acquisition Program Administration), Mr. Eom Dong Hwan, di acara Ceremony of Celebration of KFX/IFX di Sacheon Air Base, Korea Selatan, Rabu (28/9).

Baca Juga:
Panglima TNI Jenderal Andika Kembali Mutasi Puluhan Anak Buah Menhan Prabowo Subianto

Herindra mengatakan keberhasilan flight test dari KF-21 Boramae merupakan bentuk nyata keberhasilan pengembangan pesawat tempur ini, dan merupakan sebuah progres yang sudah lama ditunggu.

Herindra menilai bahwa Program Pengembangan KFX/IFX ini merupakan salah satu program nasional yang memiliki nilai strategis bagi bangsa Indonesia, "Karena bertujuan memenuhi kebutuhan pesawat tempur TNI AU untuk periode 2025 - 2040," katanya dikutip dari akun Twitter Kemhan RI, Kamis (29/9).

Baca Juga:
Kemenhan Tunjuk PT PAL Perbaiki 41 Kapal Perang

Terkait proses alih teknologi yang telah disepakati bersama, ia mengharapkan agar dapat berjalan selaras dengan syarat operasional sebuah alutsista, untuk mendukung cita-cita Indonesia dalam mengembangkan dan memanfaatkan Industri Pertahanan Nasional.

Indonesian mengirim 100 personil engineer, yang secara rotasi akan mengikuti program di Korea Selatan. Program ini sendiri telah dimulai sejak September 2021 dan diharapkan selesai pada pertengahan tahun 2026.

Baca Juga:
Presiden Jokowi Didampingi Prabowo Pimpin Upacara Parade Senja di Kementerian Pertahanan

Di Kantor Pusat PT KAI di Sacheon Air Base, Korea Selatan, Wamehan RI M. Herindra juga sempat bertemu dan memberikan arahan serta semangat kepada 37 personil engineer dari Indonesia ini.

"Indonesia tetap berkomitmen untuk mendukung keberlanjutan program Pengembangan Bersama Pesawat Tempur KFX/IFX, dan meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan antara pemerintah RI dengan ROK," katanya.(ny/Sumber: CNBCIndonesia)