Pelabuhan Sunda Kelapa Terapkan Auto Gate Pass System, Volume Kendaraan Melonjak 20 Persen

  • Oleh : Ahmad

Sabtu, 01/Okt/2022 07:33 WIB
Foto:istimewa/Pelindosundakelapa Foto:istimewa/Pelindosundakelapa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pasca merger Pelindo mendorong kinerja pelayanan pada PT Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa menjadi lebih optimal, salah satu program digitalisasi layanan kepelabuhanan telah menerapkan Auto Gate Pass System yang go live pada tanggal 1 Juli 2022.

Baca Juga:
Kapal Kargo Kebakaran di Pelabuhan Sunda Kelapa Diduga Karena Gesekan Besi

Volume kendaraan yang tercatat sebelum implemetasi Gate Pass System atau masih secara manual dengan produksi terbesar per harinya sebanyak 2.300 unit kendaraan per hari, kini mengalami peningkatan menjadi 2.900 unit kendaraan per hari.

Peningkatan tersebut terjadi secara langsung untuk hari pertama Implementasi Gate Pass System dan menunjukan kenaikan positif sebesar 20% terhadap pencatatan volume kendaraan berbanding dengan hari sebelum Go Live Gate Pass System dimana kenaikan tersebut belum terhitung dalam 1 (satu) bulan. 

Baca Juga:
Target 2 Hari, Bangkai Kapal Kayu yang Terbakar dan Tenggelam di Pelabuhan Sunda Kelapa segera Dievakuasi

Pelabuhan Sunda Kelapa yang dikenal sebagai Pelabuhan Tradisional dan Pariwisata dengan ciri khas Kapal Phinisi, kini sudah melakukan moderenisasi melalui program digitalisasi Implementasi Auto Gate Pass System. Kurnia Jaya selaku General Manager Pelabuhan Sunda Kelapa mengatakan, “Pembayaran akses atau pas pelabuhan bagi para pengguna jasa yang memasuki Pelabuhan Sunda Kelapa tidak lagi menggunakan uang tunai, namun menggunakan kartu uang elektronik”. Selain itu bagi para pengguna jasa yang telah memiliki kartu pelanggan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Sunda Kelapa dapat menggunakannya pada gerbang masuk Pelabuhan Sunda Kelapa.

Dengan penerapan Auto Gate Pass System ini, volume kendaraan yang masuk ke Pelabuhan akan lebih mudah dikontrol dan jumlah kendaraan tercatat secara aktual, berbeda dengan kondisi sebelum yang dilakukan secara manual menggunakan tiket, sangat rentan terhadap kesalahan dalam laporan dan pencatatan jumlah kendaraan, Selain itu mempercepat dalam proses transaksi, sehingga tidak timbul antrian kendaraan.

Baca Juga:
Terminal Kapal Penumpang Tanjung Priok akan Dipindahkan ke Pelabuhan Sunda Kelapa

Implementasi Auto Gate Pass System Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa merupakan salah satu bentuk penerapan teknologi berbasis IT dan peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa dalam mendukung peningkatan pelayanan di era digital. Selain itu, “dengan dilaksanakannya Implementasi Auto Gate Pass System, dapat berupaya mencegah terjadinya tindakan pungli serta fraud/kecurangan”, tambah Kurnia Jaya. (ahmad)