Kereta Api Amerika Serikat Setop Operasi Gegara Permukaan Tanah Bergerak

  • Oleh : Fahmi

Senin, 03/Okt/2022 19:25 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Metrolink dan Amtrak menghentikan sementara layanan kereta api yang menghubungkan San Diego dan Los Angeles – dengan wilayah lain di Amerika Serikat – disebabkan adanya pergerakan tanah di bawah rel di California bagian selatan.

Dilansir Associated Press, hari Jumat (30/9/2022) San Diego Union-Tribune layanan kereta api dihentikan sementara sampai batas waktu yang belum jelas di kawasan San Clemente, di perbatasan Orange County dan San Diego County.

Pergerakan tanah terjadi menyusul kenaikan air laut yang berkaitan dengan badai tropis Kay yang mengakibatkan gelombang tinggi sehingga air membanjiri tanah di bawah rel yang membentang di sepanjang pesisir. Jalur itu satu-satunya rel yang menghubungkan San Diego dengan Los Angeles dan wilayah Amerika Serikat lain.

Rel kereta yang bergeser itu merupakan bagian dari jalur Los Angeles-San Diego-San Luis Obispo Rail Corridor atau Lossan Corridor sepanjang 351 mil, yang merupakan jalur kereta tersibuk kedua di AS yang dilintasi oleh kereta penumpang antarkota.

Kereta-kereta Pacific Surfliner yang dikelola Amtrak setiap tahun melayani hampir 3 juta penumpang, sementara kereta komuter Coaster dan Metrolink melayani hampir 5 juta penumpang setiap tahun, menurut Orange County Transportation Authority.

Tahun lalu, masalah yang sama juga pernah terjadi dan pihak berwenang menutup jalur selama dua pekan. Pekerja membawa batu-batu boulder tambahan untuk memperkuat penopang garis pantai, yang terus terkikis di tengah krisis iklim global yang sedang berlangsung.(fhm/sumber:hidayahtullah)