Akan Dibangun Monumen Cibaduyut di Flyover Kopo, Ridwan Kamil yang Desain

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 04/Okt/2022 14:28 WIB
Flyover Kopo.(Dok. Kementerian PUPR) Flyover Kopo.(Dok. Kementerian PUPR)

JAKARTA (BeritaTrans.com)  - Flyover Kopo di Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), telah resmi fungsional pada Sabtu (01/10/2022) lalu.

Kendati begitu, terdapat beberapa elemen pengerjaan yang akan ditambahkan lagi. Terkait beautifikasi Flyover Kopo.

Baca Juga:
Gubernur Bersama Bapenda dan Kepala Jasa Raharja Jawa Barat Lepas 1.000 Pemudik

Gubernur Jawa Barat Ridwan Ksmil menyampaikan, fkyover tersebut juga akan dihiasi dengan Monumen Cibaduyut  sebagai ikon.

"Saya sendiri yang akan mendesainnya. InsyaAllah akan dibangun secepatnya," ungkapnya dikutip dari laman resmi Pemprov Jabar.

Baca Juga:
Kunjungan Gubernur Jawa Barat ke Kota Bekasi Rapihkan Jalan Provinsi

Selain itu, dia juga mendapat penugasan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk mengerjakan beautifikasi Flyover Kopo melalui penambahan ornamen.

“Masukan Pak Menteri PUPR, sepanjang 1,3 kilometer ini ada ornamen agar siang hari tidak terlihat terlalu rata. Karena flyover ini menggunakan lampu teknologi baru (yang diletakkan) dibawah, sehingga tidak ada lampu vertikal," terangnya.

Baca Juga:
Jokowi Kunker Ke Bandung, akan Resmikan Floodway Cisangkuy-Flyover Kopo

"Atas arahan Pak Menteri, saya akan coba, sehingga dalam sekian bulan ke depan tempat ini menjadi tempat membanggakan secara fungsi, konstruksi, maupun estetikanya," pungkas Kang Emil.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, beroperasinya Flyover Kopo dapat mengatasi kepadatan lalu lintas di area Kopo dan sekitarnya.

Flyover yang dibangun dengan anggaran Rp 288 miliar tersebut melintasi dua persimpangan Kopo dan persimpangan Cibaduyut.

Keberadaan flyover tersebut, juga dapat mempersingkat waktu tempuh bagi kendaraan yang melintas.

"Daerah ini sangat padat khususnya pada pagi hari saat jam berangkat kerja, dengan adanya flyover ini bisa menghemat waktu yang sebelumnya 30 menit sekarang kalau lancar mungkin hanya satu menit," kata Hedy dikutip dari laman Ditjen Bina Marga.

Flyover Kopo yang membentang sepanjang 1,3 kilometer memiliki kapasitas 4.000 kendaraan per jam untuk kedua arahnya.

Selain bangunan fisik flyover, Ditjen Bina Marga melalui BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat juga melakukan pelebaran Jalan Soekarno-Hatta sisi selatan sepanjang 1,7 kilometer.

Konstruksi dikerjakan mulai November 2021 hingga September 2022 dengan kontraktor PT. PP dan konsultan pengawas PT Perentjana Djaja-PT Diantama Rekanusa.(ny/Sumber:Kompas.com)