Aturan Baru Naik TransJakarta: 1 Kartu Untuk 1 Orang, Wajib Tap Out

  • Oleh : Dirham

Selasa, 04/Okt/2022 14:43 WIB
Warga masuk ke dalam bus Transjakarta di Halte TransJakarta Kuningan Barat, Jakarta. Warga masuk ke dalam bus Transjakarta di Halte TransJakarta Kuningan Barat, Jakarta.

JAKARTA (Aksi.id) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menerapkan aturan baru yang mewajibkan seluruh penumpangnya menggunakan 1 kartu untuk 1 orang.

Aturan ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan Jak Lingko untuk mengintegrasikan sistem pembayaran antarmoda transportasi umum di DKI Jakarta.

“Bersama dengan Transjakarta kami melakukannya bersama dan memang proses baru. Selain Tap Out, jadi ada 1 passenger 1 card, jadi ada dua kebijakan yang dilakukan, kemudian untuk tap in tap out, sebetulnya sistemnya sudah berfungsi sekarang,” kata Direktur Utama PT Jak Lingko, Muhammad Kamaluddin saat dihubungi wartawan, Selasa (4/10).

Kamaluddin mengatakan, kebijakan ini juga sekaligus mendisiplinkan pengguna Transjakarta untuk melakukan tap in dan tap out. Sehingga, penerapan tarif integrasi bisa terlaksana dengan baik.

Hanya saja karena kurangnya sosialisasi, penerapan aturan baru yang dimulai sejak pagi tadi malah menimbulkan antrean panjang.

Penumpang sudah terbiasa berbagi 1 kartu dengan penumpang lainnya, begitu juga dengan kebiasaan penumpang yang seringkali lupa melakukan tap out.

Alhasil, ketika praktik tersebut dilakukan hari ini, kartu penumpang tersebut otomatis terblokir.

“Kami mohon maaf apabila ada pengguna yang mengalami masalah di pagi hari karena kemarin belum tap out, mungkin karena pada perjalanan kemarin belum melakukan tap out, sehingga ketika di pagi hari ini berusaha tap in kemudian kartunya menjadi terblokir, begitu ya,” tuturnya.

Wartawan hari ini mencoba untuk melakukan perjalanan dari Halte Balai Kota menuju Halte Harmoni. Sopir dan petugas halte dengan sigap mengingatkan untuk menggunakan 1 kartu untuk satu penumpang.

“Iya, kalau dipaksain dipakai bareng-bareng, di pintu keluar otomatis keblokir. Itu repot lagi,” kata salah satu petugas Transjakarta di Halte Balai Kota kepada kumparan, Selasa (4/10).

Setibanya di Halte Harmoni, beberapa penumpang juga masih belum mengetahui kebijakan tersebut. Karena lupa melakukan tap out saat turun di halte non-BRT hari sebelumnya, kartunya otomatis terblokir saat mencoba tap in di Halte Harmoni.

“Enggak tau, lupa juga (tap out). Biasanya kan enggak perlu tap out kalau turun, dibiarin juga sama petugasnya,” kata Dewi (26) kepada kumparan di Halte Harmoni.

Menurut pengakuan petugas Halte Harmoni yang tidak mau disebutkan namanya, kejadian seperti Dewi berkali-kali terjadi pagi tadi dan berujung pada antrean penumpang untuk mengurus kartu yang bermasalah. (ds/sumber Kumparan.com)