Menparekraf Cek Kesiapan Skenario Alur Kedatangan Delegasi WCCE di Bandara Bali

  • Oleh : Naomy

Rabu, 05/Okt/2022 08:48 WIB
Area imigrasi Bandara Ngurah Rai, Bali Area imigrasi Bandara Ngurah Rai, Bali

 

BALI (BeritaTrans.com) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan kesiapan skenario alur dan proses kedatangan para delegasi World Conference on Creative Economy (WCCE) di Gedung VIP 3 Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. 

Baca Juga:
Monitor Angleb di Bali, Dirjen Hubud: Semua Moda Alami Kenaikan Penumpang

Sandiaga mengecek sekaligus memastikan kedatangan para delegasi berjalan lancar sehingga dapat memberikan kesan yang baik bagi para delegasi yang akan hadir dalam pelaksanaan WCCE yang pada 5-7 Oktober 2022 di Bali International Convention Center-Westin, Nusa Dua, Bali. 

Menparekraf tiba VIP 3 Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Selasa (4/10/2022) malam. 

Baca Juga:
Bandara Jenderal Besar Soedirman masih Menjadi Feeder Penerbangan Umroh

Dia meninjau sejumlah lokasi mulai dari area kedatangan, counter imigrasi, lounge, hingga loading dock, yang disiapkan untuk delegasi dari berbagai negara. 

“Hari ini kita pastikan kesiapan kedatangan dari rangkaian event G20, setelah World Tourism Day pekan lalu dan minggu ini kita akan mengadakan WCCE yang menjadi side event terakhir G20 di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya. 

Baca Juga:
Menjelang Libur Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek, Bandara Ngurah Rai Catat Ada 37 Extra Flight Rute Domestik

Kesiapan bandara, kata dia, sangat penting untuk memberikan kesan pertama bagi para delegasi yang merupakan para menteri/wakil menteri/duta besar/senior officials sejumlah negara. 

"Dengan begitu para delegasi yang datang merasakan keramahtamahan yang menjadi salah satu keunggulan Indonesia," katanya. 

Diharapkan kehadiran 500 peserta dan juga VVIP yang menjadi head of delegation di mana hari ini puncak kedatangan mereka, dapat dilayani dengan baik. 

"Karena first imprestionmenjadi sesuatu hal yang penting, dengan disambut dengan keramahtamahan kita, hospitality Indonesia khas Bali," tuturnya. 

Dia juga menekankan pelayanan juga harus berlanjut hingga kepulangan para delegasi nanti. 

WCCE sendiri merupakan forum pertemuan internasional antar berbagai pemangku kepentingan untuk bertukar pikiran dan pengalaman, menyusun panduan kebijakan, serta mewujudkan kerja sama konkret dalam ekonomi kreatif.

Rencananya, kegiatan ini dihadiri  delegasi dari 50 negara dan juga organisasi internasional. 

“Harapannya mereka bisa aman dan nyaman tiba di Bandara Ngurah Rai Bali dan bisa difasilitasi sampai ke hotel. Pada 6 Oktober 2022, acara (WCCE) akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo di mana kita menyiapkan roadmap untuk kebangkitan yang ditopang ekonomi kreatif yang berpihak kepada UMKM dan membuka peluang pembiayaan,” ujarnya. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf Diah Martini Paham, serta Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekeraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani. (omy)