Jokowi Tinjau Alutsista TNI di Depan Istana, Didampingi Prabowo-Andika

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 05/Okt/2022 11:26 WIB
Jokowi tinjau deretan alutsista di depan Istana Merdeka (Foto: Kanavino/detikcom) Jokowi tinjau deretan alutsista di depan Istana Merdeka (Foto: Kanavino/detikcom)

Jakarta (BeritaTrans.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau deretan alutsista TNI yang dipamerkan di depan halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Jokowi ditemani Menhan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Berdasarkan pantauan  Rabu (5/10/2022), Jokowi dan Iriana Joko Widodo keluar dari gerbang Istana untuk meninjau alutsista. Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan istri Wury Estu Handayani turut mendampingi. Ikut hadir juga bersama rombongan Jokowi yaitu Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga para kepala staf TNI.

Jenderal Andika terlihat memberikan penjelasan kepada Jokowi dan Ma'ruf Amin. Di samping Jenderal Andika, ada prajurit TNI yang turut berjaga di dekat alutsista.

Sejumlah alutsista yang dipamerkan di depan Istana yaitu Meriam 155 MM Caesar milik Kostrad TNI AD. Alutsista ini buatan Prancis tahun 2012.

Selanjutnya ada MPCV Multipurpose Combat Vehicle buatan Prancis tahun 2017. Alutsista ini memiliki jarak tembak hingga 6,5 kilometer dan sistem kendali heat seeker.

Ada juga Radar MCP Mistral Kostrad TNI AD. Alutsista ini buatan Prancis-Indonesia tahun 2016.

Oerlikon Skyshield milik Kopasgat TNI AU juga dipamerkan di depan Istana. Alutsista ini buatan Swiss tahun 2014. Selain itu, ada MLRS RM 70 Vampire yang digunakan Marinir TNI AL.

Setelah meninjau alutsista, Jokowi bersama Iriana menuju panggung untuk menyaksikan defile pasukan. Di momen ini, dipamerkan pawai pasukan dari berbagai angkatan TNI.

Demonstrasi Udara
Sebelum meninjau alutsista, Jokowi juga menyaksikan demonstrasi udara yang disiapkan oleh TNI AU. Ada pesawat tempur F16 dan helikopter yang bermanuver di langit Istana.

Jokowi dan Ma'ruf Amin bangga dengan demonstrasi udara itu. Keduanya memberikan tepuk tangan saat pesawat TNI AU itu melintas tepat di atas Istana.

"Kami elang-elang udara di bawah langit Ibu Kota mengucapkan selamat ulang tahun ke-77 TNI 2022, akan kami pertahankan setiap jengkal wilayah NKRI," ujar flight leader lewat video yang ditampilkan di depan Istana.

Kemeriahan ini juga disambut antusias warga di depan Istana. Mereka berdiri di sepanjang trotoar Istana untuk menyaksikan demonstrasi udara.
(ny/Sumber:detik.com)

Baca Juga:
Hari Ke-78 TNI AL, Danlantamal IX Terima Kejutan Spesial dari Kapolda Maluku serta Danlanud Pattimura di Kota Ambon