Di Gelaran Bon Voyage ke-62 BP3IP Jakarta, Kapusbang SDMP Laut Tekankan Pentingnya Kontribusi Lembaga Diklat

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 07/Okt/2022 19:02 WIB
Bon Voyage ke-62 BP3IP Jakarta Bon Voyage ke-62 BP3IP Jakarta


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut (PPSDMPL), Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Amiruddin melantik 56 Pelaut Ahli Nautika dan Teknika Tingkat I Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta dalam Upacara Pelantikan Perwira Transportasi Pelayaran Bon Voyage ke-62, Jumat (7/10/2022). 

Amiruddin menyampaikan kepada para lulusan, agar mampu menjadi pribadi yang unggul, berdaya saing, memiliki kompetensi sesuai dengan yang telah disyaratkan dalam IMO dan STCW, sikap profesional serta memiliki nyali dan mental yang tangguh untuk dapat berkarya di atas kapal.

Baca Juga:
BP3 Curug Gelar Diklat Pilot Drone Bagi Aparatur KKP

"Keberhasilan yang saudara capai, hendaknya jangan sampai membuat cepat berpuas diri, walaupun sudah mencapai tingkat tertinggi jangan pernah berhenti untuk mengembangkan diri, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung pembangunan di bidang maritim," tegas Amiruddin.

Bon Voyage merupakan acara yang ditunggu seluruh peserta diklat pelaut, karena merupakan puncak yang harus dijalani untuk mendapatkan ijazah serta sertifikat kompetensi untuk pelaut Tingkat I yang merupakan tingkat pendidikan tertinggi yang ditempuh para pelaut.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Mengusung tema "Through 62nd Bon Voyage of Marine Officer Class I, We Support Global Economic Activities by Strengthening Maritime Education and Training Sector" pada Bon Voyage kali ini, BP3IP menekankan pentingnya kontribusi dari lembaga pendidikan sebagai motor pendorong semangat juang dalam menghadapi tantangan tugas kedepan yang semakin berat dalam era persaingan global dengan menghasilkan SDM bidang maritim yang memiliki nilai-nilai Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas) sebagaimana slogan BPSDM Perhubungan.

Baca Juga:
BPSDMP Bahas Penyusunan Kurikulum Diklat Ahli Kepelabuhanan

"Melalui tema yang diusung dalam Bon Voyage Ke-62 kali ini, para lulusan diharapkan dapat berkontribusi aktif dalam mendukung aktifitas ekonomi global dengan kompetensi yang telah di dapatkan selama menjalani pendidikan," ujar dia.

Direktur BP3IP Jakarta, Dr. Ir. Ahmad mengemukakan, 56 lulusan terdiri dari 34 orang lulusan program Diklat Pelaut Tingkat I Keahlian Nautika dan 22 orang lulusan Program Diklat Pelaut Tingkat I Keahlian Teknika.

"Para peserta Bon Voyage yang telah memeroleh sertifikat ahli Nautika tingkat - I diberikan predikat kepelautan Master Mariner dan yang telah memeroleh sertifikat ahli Teknika tingkat - I diberikan predikat kepelautan Master Mariner Engineer," ungkapnya. (omy)