Pelabuhan Sanur, Segitiga Emas Magnet Wisatawan

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 07/Okt/2022 21:28 WIB
Menhub bersama Gubernur Bali di pembangunan Pelabuhan Sanur Menhub bersama Gubernur Bali di pembangunan Pelabuhan Sanur


BALI (BeritaTrans.com) - Kehadiran Pelabuhan Sanur yang tengah dibangun pemerintah, bisa menjadi magnet atau daya tarik wisata baru di Bali. Untuk itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pelabuhan ini harus dikelola secara profesional.

“Kami akan menunjuk swasta untuk mengelola pelabuhan ini sehingga memiliki nilai komersial. Kita akan hadirkan fasilitas yang baik seperti: kuliner cita rasa Bali yang enak-enak, sehingga uang bisa datang ke sini,” ujar Menhub saat meninjau progress pembangunan Pelabuhan Sanur di Bali, Jumat (7/10/2022).

Baca Juga:
Arus Balik dari Sumatera Menuju Jawa Melalui Penyeberangan Terpantau Lancar dan Terkendali

Dia mengatakan, di Bali tidak hanya dibangun Pelabuhan Sanur, tetapi juga membangun pelabuhan di dua lokasi lainnya yaitu di Nusa Penida dan Nusa Ceningan. 

“Kita bangun segitiga emas Sanur, Nusa Penida dan Nusa Ceningan yang pulaunya indah sekali. Dulu tidak ada dermaganya, sekarang kita bangun dengan kualitas yang baik dan memenuhi aspek keselamatan. Semoga semakin banyak turis yang datang ke sini,” tuturnya.

Baca Juga:
Puncak Arus Balik, Pemerintah Tambah Jumlah Perjalanan Kapal dan Kapasitas Rute Panjang-Ciwandan

Dengan semakin lengkapnya infrastruktur konektivitas di Bali diharapkan mampu mendorong kemajuan sektor pariwisata di Bali. 

“Turis-turis yang hobi snorekling bisa lebih mudah menjangkau spot-spot menarik dan bisa berwisata lebih lama di Bali,” ucap Menhub.

Baca Juga:
Pastikan Kelancaran Arus Balik, Kemenhub Siapkan Kapal Rute Panjang-Ciwandan 12-18 April 2024

Pelabuhan Sanur dibangun oleh arsitek asal Bali (Popo Danes) dengan nuansa kearifan lokal. Bangunan terminal di desain menyerupai kapal Cadik atau kapal tradisional.

Hingga saat ini, secara keseluruhan progres pembangunan Pelabuhan Sanur sudah mencapai 94,13%. 

Kemenhub telah memulai pembangunan Pelabuhan Sanur sejak Desember 2020. Pembangunan meliputi pekerjaan jasa konsultansi dan pekerjaan konstruksi (fisik). 

Pembangunan dilakukan dalam periode tahun anggaran jamak (multiyears) 2020-2022 yang bersumber dari APBN dengan total anggaran Rp398 miliar.

Pada 22 September 2022, telah dilakukan uji coba sandar sejumlah kapal di dermaga apung Pelabuhan Laut Sanur, yang membawa sekitar 45 orang wisatawan tujuan ke Pulau Nusa Penida. 

Uji coba tersebut berlangsung dengan lancar dan sukses. Selain untuk wisata, pelabuhan ini juga dapat dimanfaatkan masyarakat Bali untuk melakukan ibadah di Pulau Nusa Penida.

Turut hadir Gubernur Bali I Wayan Koster, Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha dan Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa. (omy)