Diprediksi Molor, Tol Getaci Segmen 1 Cigatas Selesai 2029

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 11/Okt/2022 11:11 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menerangkan bahwa proyek Tol Getaci segmen Cigatas menemui kendala untuk direalisasikan dalam target waktu yang ditentukan.  Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menerangkan bahwa proyek Tol Getaci segmen Cigatas menemui kendala untuk direalisasikan dalam target waktu yang ditentukan.

BANDUNG (BeritaTrans.com) - Rencana pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) segmen 1 Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) bakal molor hingga 2029 mendatang. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum usai rapat dengan Komisi V DPR RI di Gedung Sate, Senin (10/10/2022).

Kepada wartawan, Uu menerangkan bahwa proyek Tol Getaci segmen Cigatas menemui kendala untuk direalisasikan dalam target waktu yang ditentukan. Permasalahan terbesarnya, adalah pembebasan lahan untuk jalan tol segmen 1 sepanjang 95,21 kilometer tersebut.

Baca Juga:
Pemprov DKI Bertahap Lakukan Pengadaan Kendaraan Listrik

"Tadi pertemuan dengan Komisi V, yang diminta oleh kita pertama progres Cigatas. Memang jawabannya dari Cigatas ini agak molor, sampai selesainya di 2029. Karena permasalahannya pembebasan tanah yang agak panjang dan juga dianggap agak sulit dibanding dengan yang lain," kata Uu.

Jalan tol yang digadang-gadang bakal segera dibangun pada tahun ini pun otomatis realisasinya harus mundur kembali. Padahal, Uu menginginkan pembangunan tol tersebut segera digarap dalam waktu dekat.

Baca Juga:
Bandung Kini Punya Trans Metro Pasundan Besutan Kemenhub, Layani 5 Koridor

"Target pemprov pengennya sesegera mungkin. Tapi kalau kebijakan seperti itu ya tidak bisa apa-apa," ucapnya.

Menurut Uu, Tol Cigatas bisa menjadi jawaban atas kroditnya kemacetan di Jalur Nagreg, Bandung hingga Tasikmalaya. Sebab ia turut merasakan bagaimana situasi macet di jalur tersebut yang saat ini sudah terjadi setiap hari.

"Kebutuhannya sangat mendesak, dulu hanya waktu weekend, sekarang tiap hari kita keadaan macet. Bisa kita undang pemerintah pusat untuk mengikuti alur jalan dari Tasik ke Bandung," ungkapnya.

Uu pun berharap jalan tol ini tidak sampai batal direalisasikan. Sebab jika melihat target penyelesaiannya, maka pada 2029 kepemimpinan Presiden Joko Widodo akan berganti yang memang berkomitmen untuk menggenjot infrastruktur di Jawa Barat.

"Nah sekarang diundur lagi ke 2029, Pak Jokowi kan mau selesai di 2024," ujarnya.

Dalam dokumen Bappeda Jabar, proyek Tol Cigatas yang masuk segmen 1 Jalan Tol Getaci ditarget mulai jalan konstruksinya pada 2022-2024. Jalan tol ini yang memakan anggaran puluhan triliun ini pun diproyeksikan bisa meningkatkan konektivitas di wilayah Jabar Selatan dari Bandung hingga Tasikmalaya, dan bisa memangkas waktu tempuh perjalanan hingga 40 persen.(fh/sumber:detik)