MLFF Bakal Uji Coba Sebentar Lagi, BPJT PUPR Siapkan Sosialisasi ke Pemangku Kepentingan dan Publik

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 12/Okt/2022 16:10 WIB
Anggota BPJT Unsur Profesi Kementerian PUPR Koentjahjo Pamboedi dalam diskusi yang diselenggarkan secara hibrid, Rabu (12/10/2022). Anggota BPJT Unsur Profesi Kementerian PUPR Koentjahjo Pamboedi dalam diskusi yang diselenggarkan secara hibrid, Rabu (12/10/2022).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan sosialisasi sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) atau bayar tol tanpa berhenti dan tanpa sentuh. Sosialisasi ditujukan kepada seluruh pemangku kepentingan, termasuk juga pengguna jalan tol.

"Jadi, sekarang kita melakukan sosialisasi-sosialisasi kepada berbagai pemangku kepentingan," ujar Anggota BPJT Unsur Profesi Kementerian PUPR Koentjahjo Pamboedi dalam diskusi yang diselenggarkan secara daring, Rabu (12/10/2022).

Baca Juga:
Rencana Sistem Bayar Tol Tanpa Sentuh MLFF Mulai Beroperasi pada 2027

Sosialisasi bayar tol tanpa berhenti ini menjadi langkah penting sebelum sistem baru ini dipraktekkan.

Koentjahjo mengatakan, hal serupa pernah dilakukan oleh Kementerian PUPR saat penerapan transaksi uang elektronik (e-money) di jalan tol dalam rangka mengantisipasi first user.

Baca Juga:
Menteri PUPR Basuki Sebut Uji Coba Tol Nirsentuh Jumat Pekan Ini

Kementerian PUPR saat itu mengadakan gerai-gerai untuk pembelian top up dan kartu e-money perdana kepada pengguna jalan tol yang belum atau baru mengetahui penerapan transaksi tol dengan menggunakan kartu emoney.

"MLFF pun akan kita lakukan seperti itu, sosialisasinya sampai seberapa, lalu kita monitor penetrasinya sampai seberapa," kata Koentjahjo.

Baca Juga:
Bayar Tol Tanpa Sentuh MLFF Bakal Diuji Desember Ini di Bali

Terkait dengan sosialisasi MLFF di daerah pelosok, tentunya Kementerian PUPR juga akan melakukan sosialisasi yang menyasar para pengguna jalan tol atau masyarakat pengguna kendaraan yang bisa masuk ke jalan tol.

"Jadi sekarang bareng-bareng ini, persiapan untuk instalasi dan sosialisasi," ujar Koentjahjo.

Sebelumnya, BPJT menargetkan untuk memulai uji coba teknologi sistem transaksi tol non tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLLF) pada akhir tahun ini.

Kepala Sub Bidang Operasi dan Pemeliharaan I BPJT Kementerian PUPR Galuh Permana Waluyo mengatakan, Kementerian PUPR akan melakukan sejumlah uji coba, sebelum akhirnya akan meluncurkan teknologi tersebut kepada masyarakat untuk digunakan transaksinya.

Manfaat penerapan dari teknologi MLFF, antara lain dapat menghilangkan kemacetan di gerbang tol karena tidak terjadi antrean kendaraan, mengurangi polusi dan emisi karbon.(fhm)