KA Hantam Bus Prima Abadi di Perlintasan Tanpa Palang di Lahat Sumsel, 24 Penumpang Terpental

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 12/Okt/2022 16:57 WIB
Bus AKAP PO Prima Abadi ditabrak kereta api di perlintasan Lahat Sumsel. (ist) Bus AKAP PO Prima Abadi ditabrak kereta api di perlintasan Lahat Sumsel. (ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kecelakaan melibatkan bus AKAP berpenumpang Prima dihantam Kereta Api (KA) PLB 3773 B di perlintasan rel kereta api tanpa palang di Sumatera Selatan (Sumsel). 

Kecelakaan terjadi di Desa Tanda Raja, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, Selasa (11/10/2022) sekitar pukul 12.25 WIB.

Baca Juga:
Truk Air Mineral Tertabrak Kereta Api di Perlintasan Resmi Tak Terjaga

Bus Prima Abadi Trans nopol K 7129 OA terpental sejauh sepuluh meter usai ditabrak Kereta Api (KA) PLB 3773 B bermuatan minyak.

AKP Romli Usman menuturkan peristiwa kecelakaan ini bermula bus Prima Abadi yang dikemudikan Kusdiana melaju dari arah Kota Lahat, Kabupaten Lahat dengan tujuan Pekan Baru Riau. Saat bus melintas di perlintasan rel kereta api Desa Tanda Raja, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, tiba-tiba muncul KA Minyak tujuan Kota Lubuklinggau.

Baca Juga:
Kereta Api Tertabrak Angkot di Wonoasri Madiun

Tabrakan tidak terelakkan hingga mengakibatkan bus Prima Abadi trans membawa penumpang sebanyak 24 orang terpental lebih kurang sejauh sepuluh meter.

“Untuk korban luka berat sebanyak 5 orang sehingga dirujuk ke RSUD Lahat, dan luka ringan tiga orang, dan untuk korban jiwa nihil,” ujarnya.

Baca Juga:
Mengenaskan, Bocah 9 Tahun Tertabrak Kereta Api hingga Tewas dengan Badan Putus

Romli menjelaskan, kondisi sopir bus, Jujun Supriatna (60), warga Desa Cilenyi Kulon, Kecamatan Cilenyi, Kabupaten Bandung mengalami luka berat.

Jujun Supriatna yang merupakan sopir bus pertama mengalami luka robek di bagian kaki sebelah kanan, luka lecet di dengkul.

Untuk sopir bus kedua, Kusdiana Bin Edi (47), warga Dusun Indrayasa, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat mengalami luka lecet dan nyeri di bagian bahu kiri.

Kernet bernama Burhan (45), warga Kabupaten Garut, Jawa Barat mengalami nyeri di dada (memar), luka di perut sebelah kanan, dan luka lecet di kening.

Penumpang yang mengalami luka masing-masing lima orang yakni Suhono (55), warga Purbalingga mengalami luka robek di tangan kiri, sesak dibagian dada, dan luka lecet di kaki kiri.

Penumpang lain Sarno (42), warga Purbalingga mengalami luka lecet di pelipis sebelah kanan dan nyeri di paha sebelah kanan, Abdul Qorib (44), warga Marga Mulyo mengalami luka robek di kaki sebelah kanan, pendarahan di telinga sebelah kiri.

Rikam (53), warga Purwokerto mengalami sesak dan nyeri di dada, dan luka robek di kepala, dan Nur Iman Sidik (39), warga Rimbo Bujang mengalami trauma capitis (TC).

Dilihat media, kondisi bus Prima Abadi Trans nopol K 7129 OA usai ditabrak KA di perlintasan rel kereta api tanpa palang dan penjagaan di Desa Tanda Raja, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, Selasa (11/10/2022) siang.

Para korban yang mengalami luka berat dilarikan ke RSUD Lahat untuk mendapat perawatan intensif.

Pengguna jalan raya agar berhati-hati saat melintas di perlintasan rel KA apalagi tanpa palang pintu dan penjagaan.(fhm)