Survei Capres 2024, Polstat: Bukan Hanya Nasional, Menhan Prabowo Subianto Juga Unggul di Jakarta

  • Oleh : Dirham

Kamis, 13/Okt/2022 09:25 WIB
Survei Polstat menyebut elektabilitas Menhan Prabowo Subianto sebagai capres 2024 bukan hanya teratas di tingkat nasional. Di DKI Jakarta pun elektabilitas Prabowo unggul.  Survei Polstat menyebut elektabilitas Menhan Prabowo Subianto sebagai capres 2024 bukan hanya teratas di tingkat nasional. Di DKI Jakarta pun elektabilitas Prabowo unggul. 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Survei Political Statistics (Polstat) menyebut elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 bukan hanya teratas di tingkat nasional. Di DKI Jakarta pun elektabilitas Prabowo menggungguli capres lainnya. 

"Jika saat ini dilaksanakan pilpres, sebanyak 24,6% responden memilih Prabowo," kata peneliti Polstat Apna Permana, Rabu (12/10/2022). 

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di urutan kedua dengan 18,9 persen dukungan responden. Di urutan ketiga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan dukungan 16,1 persen. 

Sejumlah nama tokoh-tokoh politik pun muncul. Namun, angkanya cenderung jauh di bawah ketiga peringkat teratas. 

Tokoh lain tersebut adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 10,1 persen, kemudian Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 4,3 persen. 

Selanjutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno 3,4 persen dan Menteri BUMN Erick Thohir sebesar 2,4 persen.

"Sementara, 20,2 persen sisanya tidak menentukan atau tidak menjawab," tuturnya. 

Sebagai informasi, pengumpulan data survei ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan bantuan kuisioner terhadap 830 responden ber-KTP DKI Jakarta. 

Sebanyak 830 responden yang ada terdistribusi secara proporsional dari lima kotamadya dan satu kabupaten di Provinsi DKI Jakarta. 

Teknik pengambilan sampel menggunakan pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of error pada survei kali ini berkisar 3-4 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. 

Berikut ini tingkat elektabilitas capres di DKI Jakarta: Prabowo Subianto: 24,6% Anies Baswedan: 18,9% Ganjar Pranowo: 16,1% Ridwan Kamil: 10,1% Agus Harimurti Yudhoyono: 4,3% Sandiaga Salahuddin Uno: 3,4% Erick Thohir: 2,4% Undecided: 20,2%. (ds/sumber Sindondws.com)