KemenPUPR Beri 7 Rekomendasi Perbaikan Stadion Kanjuruhan

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 14/Okt/2022 07:14 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tinjau Stadion Kanjuruhan bersama Menpora Zainudin Amali. (ANTARA) Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tinjau Stadion Kanjuruhan bersama Menpora Zainudin Amali. (ANTARA)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian PUPR mengeluarkan tujuh rekomendasi sebagai perbaikan Stadion Kanjuruhan yang menjadi lokasi Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober.

Rekomendasi itu muncul setelah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menpora Zainudin Amali meninjau Stadion Kanjuruhan, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga:
BNPB Pastikan Pembersihan Puing Rumah Terdampak Gempabumi Cianjur Selesai Dalam 40 Hari

Peninjauan itu merupakan tindak lanjut perintah Presiden Joko Widodo guna melakukan audit teknis atau evaluasi teknis bangunan gedung stadion yang digunakan untuk pertandingan Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

Menurut rilis PUPR dalam unggahan di Instagram, audit khusus itu bukan hanya mencari tahu penyebab kecelakaan yang berujung Tragedi Kanjuruhan, tetapi juga mengantisipasi agar insiden serupa tidak terulang.

Baca Juga:
8 Kendaraan Polisi Dirusak dan Dibakar Imbas Rusuh Aremania di Kanjuruhan

Dari tujuh rekomendasi itu, tiga di antaranya berhubungan dengan kecelakaan di Stadion Kanjuruhan.

"Pertama mengenai tangga-tangga tribune, terutama untuk tribune ekonomi yang biasanya tidak ada tangga langsung ke tempat duduk penonton," ujar Basuki.

Baca Juga:
19 Paket Kontrak Pekerjaan Pembangunan Infrastruktur IKN Rp 5,3 Triliun Resmi Ditandatangani

"Kedua, pintu stadion tidak ada jarak dengan anak tangga dan elevasi tangganya juga terlalu curam, dan ketiga tidak ada pintu darurat, yang ada hanya pintu service yang tidak bisa diakses oleh penonton di tribune," kata Basuki menambahkan.

Sementara itu empat rekomendasi lain untuk Stadion Kanjuruhan terkait dengan penerangan, kamar kecil, perimeter atau batas antara bangunan utama stadion dengan area parkir serta pagar pembatas.

"Setelah ditetapkannya tujuh rekomendasi ini, Kementerian PUPR akan mendesain ulang Stadion Kanjuruhan untuk dilakukan rehab total sehingga lebih bermanfaat dan terhidar dari musibah serupa," tutur Menteri Basuki.

Basuki berharap proses pengerjaan redesain Stadion Kanjuruhan dapat diselesaikan antara tiga hingga empat bulan dan dapat dimulai konstruksinya pada 2023.(fh/sumber:cnn)