PMI Kota Bekasi Optimalkan Kesiapsiagaan Hadapi Wilayah Rawan Banjir

  • Oleh : Bondan

Jum'at, 14/Okt/2022 10:11 WIB
Gedung PMI Kota Bekasi. Foto: istimewa. Gedung PMI Kota Bekasi. Foto: istimewa.

BEKASI (BeritaTrans.com) -- Memasuki musim hujan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi terus mengoptimalkan pelayanan dalam upaya kesiapsiagaan menghadapi wilayah rawan banjir.

Kepala Markas PMI Kota Bekasi, Imam Tri Subekti mengatakan, dalam menghadapi musim penghujan seperti sekarang ini kita sudah koordinasikan dengan Pemerintah Kota Bekasi, khususnya BPBD Kota Bekasi untuk menyiagakan tim PMI dalam menghadapi wilayah-wilayah rawan banjir.

Baca Juga:
PMI Kota Bekasi Kerahkan 7 Personel di Kebakaran Terminal BBM Pertamina Plumpang

"Mau hujan atau tidak hujan kita selalu buka posko selama 24 jam dan berkoordinasi dengan BPBD Kota Bekasi. Apabila nanti terjadi hal-hal yang seperti banjir dari curah hujan deras atau banjir kiriman. Itu yang kita waspadai seperti tahun 2020," kata Imam kepada BeritaTrans.com, Kamis (13/10/2022).

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk kesiapsiagaannya PMI Kota Bekasi, menyiagakan staff dan relawan hingga peralatan yang dibutuhkan saat penanganan banjir.

Baca Juga:
PMI Kota Bekasi Evakuasi Korban Diruntuhan Bangunan Pascagempa Cianjur

"Untuk staff dan relawan PMI Kota Bekasi kita siagakan ada 30 orang. Relawan-relawan itu sendiri nantinya akan siaga di setiap Kelurahan dan Kecamatan, ada juga yang siaga di Markas PMI. Nanti mereka akan berbagi informasi ke Markas PMI mengenai ketinggian airnya seberapa di lokasi, apakah perlu evakuasi atau tidak. Sedangkan untuk peralatan kita siagakan tiga perahu karet yang sudah dipompa semuanya dan juga kita menyiapkan layanan ambulans bagi warga yang sakit dan khususnya bagi para lansia yang perlu dievakuasi," jelasnya.

Selain itu, PMI Kota Bekasi juga memberikan bantuan sembako bagi warga yang terdampak banjir selama berhari-hari.

Baca Juga:
PMI Kota Bekasi Terjunkan 10 Personel dan Logistik Bagi Korban Gempa di Cianjur

"Untuk genangannya sehari, dua hari kita bagikan sembako. Dan kita juga membantu warga membersihkan rumah mereka yang terkena banjir oleh tim relawan, terutama bagi lansia. Selain itu, kita juga menyiapkan air bersih, kita ada satu unit mobil tangki yang disiagakan. Dan setiap situasi banjir kita mengirimkan air bersih bekerjasama dengan PDAM Kota Bekasi," pungkas Imam. (Dan)