Kapal Pengangkut Ribuan Tabung Gas Terbakar di Perairan Sumenep

  • Oleh : Dirham

Rabu, 19/Okt/2022 16:03 WIB
Kapal motor di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, terbakar saat bawa ribuan tabung gas. Kapal motor di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, terbakar saat bawa ribuan tabung gas.

MADURA (BeritaTrans.com) - Kapal layar motor (KLM) di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, terbakar saat mengangkut ribuan tabung gas tiga kilogram dengan rute Pelabuhan Bintaro menuju Kepulauan Raas.

Berdasarkan keterangan dari kepolisian, jumlah tabung gas yang diangkut sebanyak 1.260 buah. Kapal meledak saat mesin kapal dihidupkan. Untuk sementara peristiwa ini dipicu adanya tabung gas yang bocor.

"Saat mesin kapal mau dihidupkan, kapal langsung meledak. Ini diduga akibat ada kebocoran tabung yang berada di kamar mesin," kata Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti, Rabu (19/10).

Akibat peristiwa ini, ABK yang jadi korban dengan luka bakar di bagian lengannya adalah Molyadi (40) warga Kepulauan Raas. Sedangkan saksi dari kejadian ini adalah Ansari yang tak lain pemilik kapal.

"Atas kejadian ini untuk sementara kerugian negara mencapai Rp80 juta," ujarnya.

Dua bulan sebelumnya kapal dengan muatan tabung gas juga mengalami nasib sama. Kapal bernama 'Aven Selon 03' itu sedikitnya membawa tabung gas sebanyak 3.920 buah dengan rute Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Sapeken.

Kapal berangkat pada Sabtu (27/8) sekitar pukul 11.00 WIB namun selang perjalanan di waktu pukul 18.00 WIB kapal mengalami peristiwa kebakaran. Akibat peristiwa ini, kapal yang memuat ribuan tabung gas ini mengalami kerugian kurang lebih Rp1,5 miliar. (ds/sumber CNNIndonesia.com)