Kapal Cantika 77 Terbakar di NTT: Angkut Ratusan Penumpang, 14 Orang Tewas

  • Oleh : Dirham

Selasa, 25/Okt/2022 13:28 WIB
Kapal Cantika 77 terbakar. Kapal Cantika 77 terbakar.

KUPANG (BeritaTrans.com) - Kapal Cantika 77 terbakar di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kapal itu berlayar dari Pelabuhan Tenau Kupang menuju Kalabahi, Kabupaten Alor. Kapal Cantika 77 merupakan kapal motor atau ferry cepat yang menjadi moda transportasi laut warga di NTT.

Diketahui, kapal motor cepat atau kapal feri terbakar itu mengangkut seratusan penumpang. Akibat peristiwa kebakaran Kapal Cantika 77 itu, dilaporkan sebanyak 14 orang tewas.

Berikut ini beberapa hal diketahui tentang kebakaran Kapal Ferry Cepat Cantika 77 di NTT.

Kapal Ferry Cepat Cantika 77 terbakar di perairan Naikliu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kapal motor cepat yang merupakan moda transportasi laut bagi warga di NTT itu berangkat dari Pelabuhan Tenau Kupang pada pukul 13.30 WITa.

Dalam perjalanan di sekitar perairan Kupang yakni di antara Pulau Kera dan Pulau Timor, kapal ferry cepat tersebut dilaporkan terbakar. Laporan Kapal Cantika 77 terbakar itu diperoleh dari Basarnas Kupang, pihaknya pun sudah mengirimkan personel ke lokasi tersebut saat kejadian.

Sebanyak 167 Penumpang dan 10 ABK Dievakuasi

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang mengerahkan 51 orang untuk mengevakuasi penumpang dan anak buah kapal (ABK). Kapal Cantika 77 terbakar itu mengangkut seraturan penumpang termasuk 10 orang ABK.

"Tim SAR dari Kantor Basarnas Kupang telah mengerahkan ke lokasi kejadian untuk membantu melakukan upaya penyelamatan terhadap para penumpang maupun 10 orang ABK," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang I Putu Sudayana di Kupang seperti dilansir Antara, Senin (24/10/2022).

Dia mengatakan tim SAR bakal mengevakuasi penumpang dan ABK. Dia mengatakan, sesuai data manifes yang diterima Basarnas Kupang, jumlah orang dalam kapal itu mencapai 177 orang terdiri atas 167 orang penumpang dan 10 orang ABK. "Proses penyelamatan terhadap para penumpang dan ABK masih berlangsung," kata I Putu Sudayana.

14 Korban Tewas Akibat Insiden Kapal Terbakar

Sebanyak 14 orang dipastikan meninggal dalam peristiwa Kapal Cantika 77 terbakar. Seperti dilansir detikBali, Selasa (23/10/2022), Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan Kupang I Putu Sudayana SE.M.Ap menegaskan, hingga Senin malam pukul 23.00, sebanyak 14 orang tewas.

"Rinciannya 277 orang selamat, 14 orang meninggal," terang Sudayana kepada detikBali, Senin (22/10).

Terkait belasan korban meninggal, Sudayana mengungkapkan, seluruh korban tewas ditemukan di luar kapal. "Seluruhnya ditemukan di luar kapal dan bukan di dek. Soal penyebab apakah mereka meninggal karena menyelamatkan diri atau bagaimana, kami belum identifikasi. Kami focus evakuasi dulu," kata Sudayana.

Identitas 2 Korban Tewas Akibat Kebakaran Kapal

Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto menjelaskan, dua korban tewas akibat Kapal Cantika 77 terbakar yakni satu orang dewasa dan satu anak-anak. Korban dewasa berjenis kelamin laki-laki bernama Johan berusia 57 Tahun, warga Desa Teluk Dalam, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Sedangkan korban meninggal lainnya adalah bayi laki-laki berusia 1 tahun 3 bulan, bernama Khalid Alfarizky Tulimau, warga kompleks Pasar Terbakar, Jalan Komodo RT 010, RW 005, Kelurahan Nusa Kenari, Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor.

"Yang dewasa bernama Johan asal Gresik, Jawa Timur, dan satu lagi anak berusia satu tahun tiga bulan warga Alor," ujar Irwan. (ds/sumber Antaranews.com/Detik.com)