Ada Carla dan Pos SAPA, Pemprov DKI Canangkan Layanan Transportasi Ramah Perempuan dan Anak di LRT

  • Oleh : Dirham

Senin, 31/Okt/2022 11:12 WIB
Light Rail Transit (LRT) Jakarta melintas di Stasiun Velodrome, Rawamangun. Light Rail Transit (LRT) Jakarta melintas di Stasiun Velodrome, Rawamangun.


 

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pemerintah Provinsi DKI (Pemprov) DKI Jakarta mencanangkan pelayanan transportasi ramah perempuan dan anak, di Stasiun LRT Velodrome, Jakarta Timur, Minggu (30/10/2022).

Layanan itu berupa puncuran Call Center Pos Pelayanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA). Selain itu, pelanggan LRT yang ingin mengakses layanan Pos SAPA juga bisa menghubungi CARLA (Call Centre LRT Jakarta) di nomor hotline 021-508 999 09.

Direktur Utama PT LRT Jakarta, Hendri Saputra, menyatakan penandatanganan komitmen dan peluncuran Call Center Pos SAPA diharapkan LRT menjadi moda transportasi publik yang ramah perempuan dan anak.

"Ini merupakan fase penting layanan. Kami berharap dukungan semua pihak," kata Hendri dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (30/10/2022).

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati, menambahkan, dia berharap upaya kolaboratif yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dapat mencegah tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di ruang publik, khususnya pada transportasi umum LRT Jakarta.

"Kesempatan hari ini tentu merupakan kolaborasi yang akan terus kita tingkatkan di kemudian hari; untuk menghadirkan transportasi publik yang aman dan nyaman untuk semua, utamanya perempuan dan anak. Kita tidak terbatas di sini saja, kami akan kampanye terus," jelas Tuti.

Bentuk Pos SAPA

Tuty menyampaikan bahwa Pemprov DKI Jakarta telah membentuk Pos Pelayanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) Transportasi Publik pada tiga BUMD Jakarta yakni di MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan Transjakarta. Dengan rincian LRT di enam stasiun, di MRT di 11 stasiun, dan 50 di Transjakarta.

"Awalnya Transjakarta menjalankan di 23 halte dan sekarang sudah diperbanyak lagi menjadi 50 halte. Seluruh petugasnya dilatih dan tentu menggunakan standar," ucapnya.

Penandatangan

Sebagai informasi, penandatanganan komitmen pelayanan transportasi ramah perempuan dan anak ini dilakukan oleh Direktur Utama PT LRT Jakarta, Hendri Saputra yang disaksikan oleh Menteri PPPA RI, Bintang Puspayoga, Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati.

Ada pula Pj Ketua TP PKK DKI Jakarta, Mirdiyanti Budi Hartono, Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo, serta Plt Kepala BP BUMD DKI Jakarta. Selain itu, diluncurkan pula layanan Call Center Pos SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak) LRT Jakarta. (ds/sumber Liputan6.com)