Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Gelar Simulasi Tanggap Bencana dan Kebakaran

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 03/Nov/2022 10:23 WIB
Foto:istimewa Foto:istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Sunda Kelapa melalui Divisi HSSE melakukan sosialisasi dan simulasi tanggap darurat bencana gempa bumi beserta penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) di kantor Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa, Rabu (2/11/2022)

Baca Juga:
Peringati Bulan K3, Pelindo Sunda Kelapa Gelar Gerakan Pekerja Sehat

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pekerja dan perwakilan dari stakeholder yaitu KSOP Sunda Kelapa, Polsek Sunda Kelapa, INSA, APBMI, Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (KTKBM), dan Perusahaan Bongkar Muat (PBM).

Gempa bumi dan kebakaran merupakan bencana alam yang dapat terjadi sewaktu waktu tanpa dapat diperkirakan sebelumnya, sehingga perlu usaha untuk megurangi dampak resiko akibat bencana tersebut.

Baca Juga:
Diikuti Asosiasi dan Mitra, Pelindo Sunda Kelapa Gelar Apel Bulan K3 Nasional

Salah satu penyebab utama timbulnya banyak korban akibat bencana gempa bumi dan kebakaran adalah kurangnya pengetahuan tentang tindakan saat terjadi bencana dan prosedur yang dilakukan apabila terjadi bencana.

Baca Juga:
Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Amankan Aset Negara Senilai Rp138 Miliar

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi yang dibuka oleh Plh.General Manager Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Syamsurijal, terdapat dua materi yang disosialisasikan yaitu tindakan yang dilakukan apabila terjadi gempa bumi dan cara penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) untuk pemadaman kebakaran ringan.

“ Kita akan simulasikan bagaimana cara untuk melindungi diri apabila terjadi gempa dan cara untuk evakuasinya” ungkap Syamsurijal dalam sambutannya. 

Para pekerja diharapkan tidak panik apabila terjadi gempa, langsung menuju jalur evakuasi yang ada dan keluar gedung kantor, bila tidak memungkinkan berlindung di bawah meja untuk menghindari benda-benda keras yang jatuh.

Selesai kegiatan tanggap bencana dilanjutkan dengan simulasi penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) bersama pekerja dan stakeholder yang dilaksanakan di halaman kantor Pelindo Sunda Kelapa.

“Jakarta ini sangat rawan dengan bencana kebakaran, kebakaran itu berawal dari titik api yang kecil, untuk itu kita perlu tahu upaya penanganan dini terjadinya kebakaran sebelum api membesar” Ujar Syamsurijal.

Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa akan berkomitmen untuk menerapkan sistem keselamatan, kesehatan kerja di lingkungan Pelabuhan Sunda Kelapa.(ahmad)