Menhan Prabowo Akan Bicara Penguatan Ketahanan Pangan di KTT G20

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 09/Nov/2022 15:40 WIB
Menhan Prabowo Subianto saat menemani Presiden Jokowi di rencana lokasi Lumbung Pangan. Menhan Prabowo Subianto saat menemani Presiden Jokowi di rencana lokasi Lumbung Pangan.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan menjadi salah satu pembicara pada forum pangan global atau Global Food Security Forum yang diselenggarakan perdana pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, 12-13 November 2022. 

Forum ini akan mempertemukan pemimpin internasional, pemimpin daerah, hingga pemimpin ketahanan pangan lokal untuk memberikan solusi dalam memperkuat sistem ketahanan pangan, mengamankan rantai pasokan dan melawan kelaparan dunia. 

“Kolaborasi untuk solusi berkelanjutan dalam memperkuat sistem pangan perlu dilakukan,” ujar Prabowo dalam keterangan tertulis, Rabu (9/11/2022). 

“Indonesia adalah salah satu negara yang paling beruntung dibandingkan dengan banyak negara lain. Namun, lebih dari 300 juta orang di dunia sekarang mengalami isu kelaparan di tengah melonjaknya harga bahan bakar dan pangan,” sambung dia. 

Adapun forum ini digelar oleh Atlantic Council yang bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Presiden dan CEO Atlantic Council President Frederick Kempe mengatakan bahwa agenda ini merupakan acara sideline resmi dari KTT G20.

“Perang yang berlangsung oleh Putin di Ukraina telah membentuk fokus baru terhadap kerentanan ketahanan pangan dan rantai pasok,” ungkap Kempe. 

“Dengan tantangan yang kita hadapi sekarang, kami berpendapat bahwa KTT G20 merupakan wadah yang ideal untuk melakukan pertemuan dalam membahas mengenai ketahanan pangan. Kami senang dapat bekerja sama dengan Kemhan dan Kemenko Marves RI,” imbuh dia. (ds/sumber Kompas.com)