Injourney Optimistis Kesuksesan World Superbike Indonesia 2022

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 11/Nov/2022 04:25 WIB
Sirkuit Mandalika, NTB Sirkuit Mandalika, NTB

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney sebagai Holding BUMN sektor pariwisata dan pendukung optimistis gelaran World Superbike (WSBK) 2022 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika 12-13 November 2022 akan berjalan sukses. 

Injourney bersama anak perusahaan dan stakeholders senantiasa melakukan koordinasi dan kolaborasi demi kelancaran event dimaksud. 

Baca Juga:
Sirkuit Mandalika Jadi Magnet, Tahun ini Sudah 200 Hari Terpesan untuk Gelaran Event Otomotif

"Gelaran WSBK di Sirkuit Mandalika kali ini merupakan kedua kalinya dan hal ini merupakan kepercayaan dari Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) terhadap Indonesia dalam menyelenggarakan event olahraga kelas dunia," jelas Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, Kamis (10/11/2022). 
 
Persiapan dilakukan dengan kolaborasi para pihak untuk menyukseskan event WSBK di Sirkuit Mandalika. 

Antara lain persiapan infrastruktur sirkuit dan track improvement serta traffic management dan crowd control, agar memberikan kenyamanan dan keamanan penonton WSBK di Sirkuit Mandalika. 

Baca Juga:
InJourney Gelar Kelana Cerita Tanah Jawa di Candi Prambanan

"Selain itu, dukungan Bandara Internasional Lombok yang dikelola oleh Angkasa Pura I antara lain pengembangan bandara dengan perpanjangan runway, perluasan apron serta peningkatan infrastruktur kargo bandara sebagai komitmen layanan dan operasional bandara," ungkapnya. 

Terkait dengan akomodasi, panitia penyelenggara sudah mempersiapkan sekitar lebih dari 10 ribu kamar untuk para penonton yang akan menyaksikan WSBK di Sirkuit Mandalika. 

Baca Juga:
F1Powerboat 2024 Catat Pengunjung Naik Hingga 40% Dibanding Tahun Lalu

Panitia juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk memastikan harga kamar penginapan terjangkau. 
 
Mengenai persiapan infrastruktur sirkuit, track improvement sudah dilakukan sesuai dengan permintaan dari Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).  

Dia menjelaskan Improvement yang dilakukan berupa perubahan kerb dan peningkatan kualitas aspal Sirkuit Mandalika. 

“Pengerjaan track improvement ini berhasil dilakukan lima hari lebih cepat dari tenggat waktu yang sudah ditetapkan dengan kualitas yang sesuai dengan permintaan FIM,” ujar Priandhi. 
 
Priandhi mengungkapkan, pihaknya juga telah mempersiapkan traffic management dan crowd control bagi penonton WSBK. 

Persiapan ini dilakukan tidak hanya untuk kelancaran gelaran event, tapi juga untuk kenyamanan dan keamanan penonton dan pengunjung, mulai dari kedatangan, selama menyaksikan gelaran, sampai kepulangan dari Sirkuit. 
 
Terkait persiapan infrastruktur pendukung lainnya, Direktur Utama PT Pembangunan Pariwisata Indonesia (ITDC), Ari Respati, menambahkan, pihaknya telah melakukan peningkatan kapasitas parkir dan jalan penghubung. 

Melalui improvement ini diharapkan daya tampung kendaraan dapat meningkat dan akses penonton ke Sirkuit Mandalika dapat lebih lancar. 

“ITDC telah menyediakan 30 kantong parkir dengan total kapasitas 16.350 lot, yang tersebar di area sirkuit dan Kawasan The Mandalika.  Kantong-kantong parkir tersebut terbagi menjadi 3 ring, yaitu ring 1 dengan total 17 kantong parkir berjarak 1 km, ring 2 dengan total 2 kantong parkir berjarak 2 km, dan ring 3 dengan total 11 kantong parkir berjarak 3 km,” beber Ari. 
 
Untuk semakin meningkatkan kepuasan para wisatawan yang menyaksikan WSBK di Sirkuit Mandalika, terdapat side event yang sudah disiapkan. Side event ini berupa paddock show yang memungkinkan penonton dapat mendekat ke panggung pemberian trofi dan juga festival art, music, dan food performance dengan tajuk “Nusantara Festival.” 
 
Nusantara Festival akan menyajikan diantaranya kesenian daerah seperti Gendang Beleq dari Lombok dan fire dance dari Bali, penampilan local performance dari pemuda-pemudi Lombok, mulai dari tarian seperti tari Gandrung dan Rudat hingga konser musik dari Bhavana Ethnic Group dan Amtenar. 

Puncak dari Nusantara Festival adalah  penampilan Kotak, Armada, Wika Salim, serta Traditional Music Collabs Project yang mengkolaborasikan musik Pop Indonesia dan musik tradisional Indonesia.
 
Selain Nusantara Festival, gelaran WSBK 2022 juga akan dimeriahkan oleh Lombok Sumbawa Fair yang merupakan persembahan oleh Pemerintah Provinsi NTB. 

Lombok Sumbawa Fair berlokasi di area tengah Pertamina Mandalika International Circuit atau yang disebut sebagai area tapal kuda, menyajikan Traditional Colossal Dance, World Music Festival, dan Mandalika Ekraf Expo.
 
Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata Injourney, Maya Watono, juga mengungkapkan bahwa melalui berbagai side event ini, para penonton akan mendapatkan pengalaman baru. 

Selain itu, Maya juga menjelaskan Injourney akan terus  menjalin koordinasi dengan berbagai pihak untuk terus memaksimalkan persiapan yang dilakukan baik untuk main event dan side event. 
 
Injourney berharap dengan berbagai persiapan matang yang sudah dilakukan untuk menyambut WSBK Seri Indonesia tahun 2022, sektor pariwisata nasional dapat terus bangkit dan tumbuh serta berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi lokal maupun nasional. 

“Untuk mencapai tujuan tersebut, kami memohon dukungan seluruh pihak sehingga gelaran WSBK di Sirkuit Mandalika tahun ini dapat semakin meningkatkan kepercayaan dunia internasional pada Indonesia akan kemampuannya dalam menggelar event olahraga internasional. Kami juga berharap dengan penyelenggaraan WSBK ini dapat membawa dampak positif pada pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di dalam negeri,” pungkas Maya. (omy)