KKP dan Kemenkeu Lepas Ekspor 11.040 Benih Ikan Kerapu Sumut ke Malaysia

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 11/Nov/2022 15:44 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

MEDAN (BeritaTrans.com) - Kolaborasi Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Kementerian Keuangan dalam membina UMKM mulai membuahkan hasil. Salah satu UMKM asal Sumatera Utara, UD Rezeki berhasil mengekspor benih ikan kerapu sebanyak 11.040 ekor atau  senilai Rp.110.400.000 ke Malaysia.

"Alhamdulillah, kolaborasi kami dengan teman-teman Bea Cukai membuahkan hasil melalui pengiriman perdana kerapu ke Malaysia," kata Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) Medan I, Muhammad Burlian di kantornya, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga:
Kolaborasi KKP-Kalikan Gelar Expo Ikan Hias Air Tawar Internasional untuk Bawa UMKM Go Global

Burlian menambahkan, total produk seberat 707 kg tersebut dikemas dalam 101 Koli dan dilepas dari terminal kargo Bandara Kualanamu, Medan. Prestasi ini pun diapresiasi pelaku usaha lantaran selama ini, mereka hanya menjual benih tersebut ke agen-agen lokal. 

Namun melalui asistensi intensif, pelaku usaha tersebut akhirnya mampu melakukan ekspansi ke pasar ke Negeri Jiran.

"Kurang lebih 5 bulan kami bersama teman-teman Bea Cukai mendampingi pelaku usaha tersebut, hingga akhirnya mereka bisa ekspor," ujar Burlian.

Dalam kesempatan ini, Burlian menceritakan awal mula jajarannya turun melakukan pendampingan. Dimulai dari mengedukasi aspek legalitas hingga edukasi terkait pentingnya quality assurance seperti cara karantina ikan yang baik (CKIB) hingga health certificate (HC) atau sertifikat kesehatan ikan.

"Kami sampaikan bahwa ekspor adalah sesuatu yang mudah. Dan kami buktikan bahwa yang bersangkutan akhirnya juga bisa melakukan ekspor setelah tau peluangnya," sambungnya.

Dia berharap melalui kegiatan ekspor ini, pelaku usaha semakin semangat sekaligus memberikan dampak sosial-ekonomi di sekitarnya. Termasuk juga pelaku usaha lain, menjadi termotivasi untuk bisa melakukan hal serupa.

"Semoga ini jadi trigger dan motivasi bagi yang lain bahwa ekspor itu mudah selama ada kemauan," tutupnya.(fhm)