Taruna Poltekpel Surabaya Sabet Juara 1 Olimpiade I2ASPO

  • Oleh : Naomy

Senin, 21/Nov/2022 10:47 WIB
Ajang olimpiade I2ASPO Ajang olimpiade I2ASPO


SURABAYA (BeritaTrans.com) - Taruna/i Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan sabet juara 1 dalam kategori Seatrans Creative Thinking 2022 Tingkat Perguruan Tinggi.

Prestasi cemerlang tersebut diraih dalam ajang Indonesia International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO) Tahun 2022, yang berlangsung di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Sabtu (19/11/2022).

Baca Juga:
Bahas Optimalisasi Pemanfaatan Aset dan Kampus Berstandar Global, BPSDMP Gelar Rakornis

Ajang olimpiade ini diikuti tiga tim dari tiga perguruan tinggi yang beranggotakan masing-masing tim sebanyak tiga orang.

Dari Kampus Kementerian Perhubungan diwakili oleh Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya serta diikuti dengan 2 tim lainnya dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) yang berhasil meraih juara 2 dan terakhir dari Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu yang berhasil meraih juara ke 3 dalam ajang kompetisi tersebut.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Workshop Peningkatan Kemampuan Digital Marketing

I2ASPO merupakan kegiatan rutin antarperguruan tinggi yang diselenggarakan setiap akhir tahun oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA), sebuah organisasi yang menyediakan wadah dan memfasilitasi para ilmuwan muda Indonesia khususnya di bidang sains, IYSA selalu menghadirkan kompetisi sains tingkat nasional maupun internasional.

Melalui adanya kontribusi Perguruan Tinggi Kemenhub dalam ajang olimpiade I2ASPO tersebut, diharapkan dapat dijadikan sebagai event untuk membangun karakter bersama dalam persaudaraan sesama Taruna/I dan antar mahasiswa Perguruan Tinggi lainnya, serta melatih sportifitas dalam berkompetisi.

Baca Juga:
Siapkan Pengemudi Angkutan Umum Andal, BPSDM Kemenhub Kerja Sama dengan Dishub DKI Jakarta

Pada kesempatan yang terpisah, Kepala BPSDM Perhubungan Djoko Sasono memberi dukungan serta mengapresiasi dan menyampaikan rasa bangganya kepada para Taruna/i atas capaiannya di ajang olimpiade I2ASPO. 

“Selamat kepada para Taruna/i yang telah berhasil di ajang olimpiade ini. Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa dan membanggakan, karena para Taruna/i bisa berprestasi di bidang sains yang nantinya dapat dijadikan inovasi kedepannya," ungkapnya, Senin (20/11/2022)

Menurutnya, BPSDMP terus mendukung para Taruna/I untuk terus berprestasi tidak hanya dalam hal akademis, namun juga prestasi-prestasi di berbagai bidang lainnya, sehingga dapat memberikan nilai positif bagi masyarakat dan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

“Saya yakin para taruna/i memiliki semangat yang tinggi dan bakat yang luar biasa di luar ataupun yang mencakup kompetensi teknis pada program studinya. Untuk itu, Perguruan Tinggi Kemenhub turut mendukung dengan memfasilitasi para Taruna/I untuk terus meningkatkan skill sesuai dengan bakat dan minatnya," urainya.

Sekretaris BPSDM Perhubungan, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, juga mengungkapkan apresiasi kepada Taruna/I Poltekpel Surabaya yang berkontribusi pada kegiatan positif ini.

"Diharapkan para Taruna/I dapat terus berkarya, berprestasi, dan berinovasi untuk mewujudkan SDM transportasi yang memiliki nilai-nilai Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global, dan Integritas)," ucapnya.

Dia berharap, dengan adanya ajang  olimpiade ini akan dapat memotivasi para taruna/i dalam mengoptimalkan kompetensi untuk mewujudkan SDM transportasi yang memiliki nilai Prestasi. 

"Oleh karena itu, teruslah belajar, berpikir, berlatih dan berhitung dalam setiap pelaksanaan tugasnya," ungkapnya. (omy)