Menhub Lepas 375 Jamaah Umroh dengan Lion Air dari Bandara Kertajati

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 26/Nov/2022 15:19 WIB
Pelepasan keberangkatan jemaah umroh di Bandara Kertajati Pelepasan keberangkatan jemaah umroh di Bandara Kertajati

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bandara Kertajati di Majalengka kembali melayani dan melepas keberangkatan jemaah umrah.

Hari ini (26/11/2022), sebanyak 375 jemaah umrah berangkat dari Bandara Kertajati menuju Madinah (Arab Saudi) menggunakan Lion Air nomor penerbangan JT 068 dengan pesawat berbadan lebar Airbus A330-300, yang lepas landas sekitar pukul 13.15 WIB.

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

Sebelumnya pada 20 November 2022, Bandara Kertajati untuk pertama kalinya sejak pandemi juga menjadi bandara keberangkatan jemaah umrah dengan Garuda Indonesia. 

Keberangkatan jemaah umrah dari Bandara Kertajati hari ini turut dilepas oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang didampingi antara lain President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan President Director Lion Air Group Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi.

Baca Juga:
Cuma 12 Hari Libur Lebaran, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 2,02 Juta, jadi Tersibuk di Asia Tenggara

President Director AP II Muhammad Awaluddin menyampaikan, Bandara Kertajati diharapkan dapat mempermudah masyarakat asal Jawa Barat dalam menjalankan ibadah umrah. 

“Pada hari ini sebanyak 375 jemaah umrah diberangkatan dari Bandara Kertajati, di mana jumlah itu hampir 100% dari kapasitas kursi pesawat Lion Air Airbus A330-300. Antusiasme para jemaah asal Jawa Barat untuk terbang dari Bandara Kertajati sangat tinggi. Para jemaah menyampaikan, terbang dari Bandara Kertajati lebih nyaman dan jaraknya dekat dari tempat tinggal," urainya.

Baca Juga:
Penumpang di Puncak Arus Balik di 20 Bandara Angkasa Pura II Tembus 309.477, Operasional dan Layanan Lancar

Menhub sapa jemaah umroh di Bandara Kertajati

Angkasa Pura II berterimakasih kepada Menteri Perhubungan yang sangat mendukung terwujudnya penerbangan umrah dari Bandara Kertajati.

Di tempat yang sama, President Director Lion Air Group Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi menuturkan, penerbangan Kertajati - Madinah ini menggunakan layanan Premium Service - Umrah. 

“Rute perdana Bandara Kertajati - Madinah menggunakan layanan Premium Service - Umrah, dengan tata kursi 18 kelas bisnis dan 374 kelas ekonomi. Berangkat pada penerbangan perdana ini 375 jemaah,” ujar Capt. Daniel.

Staf Ahli Bidang Keselamatan Konektivitas dan Konektivitas Menteri Perhubungan Maria Kristi, yang juga turut hadir dalam melepas penerbangan Lion Air JT 068  menuturkan Bandara Kertajati memiliki fasilitas lengkap untuk melayani jemaah umrah. 

“Kita bangga bandara ini sudah bisa melayani penerbangan umrah. Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu,” tutur Kristi. 

Dia berharap, lalu lintas penerbangan di Bandara Kertajati dapat semakin meningkat ke depannya. 

“Maskapai yang beroperasi juga bertambah, rute dari Bandara Kertajati ke seluruh bandara di Indonesia semakin bertambah. Bandara ini dapat berfungsi dengan baik untuk membuka konektivitas,” tutupnya. (omy)