Begini Dukungan Ditjen Hubud di Gelaran Sail Tidore

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 26/Nov/2022 15:41 WIB
Bandara Ternate (omy) Bandara Ternate (omy)

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan turut mendukung kelancaran konektivitas dan aksesibilitas transportasi udara pada gelaran Sail Tidore 2022, yang berlangsung pada 24-29 November 2022 di Kawasan Pantai Tugulufa, Kota Tidore, Maluku Utara.

Bandar Udara Sultan Babullah di Ternate telah mempersiapkan dukungan kapasitas yang memadai untuk kedatangan para peserta Sail Tidore tahun 2022.

Baca Juga:
Belum Terjadi Lonjakan Penumpang di Bandara Supadio, Terminal Sei, dan Pelabuhan Ambarawang Kalbar

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono mengatakan, untuk mendukung event internasional Sail Tidore ini, Bandara Sultan Babullah telah menyiapkan pelayanan untuk pengaturan parking stand pesawat Kepresidenan Republik Indonesia, Angkatan Udara, Angkatan Laut dan penerbangan tidak berjadwal untuk tamu VVIP, VIP dan lainnya.

Saat ini Bandara Sultan Babullah memiliki panjang runway 2.300 x 45 meter sehingga dapat melayani pesawat tipe Boeing 737-800 atau Airbus A320, luas apron 10.800 m2 dan terminal penumpang seluas 9.600 m2.

Baca Juga:
Ditjen Hubud Pastikan Bandara Sultan Babullah Ternate Siap Jelang Hari Nusantara

"Adapun pelayanan jasa angkutan udara yang dilayani oleh Bandara Sultan Babullah pulang pergi (PP) yaitu Ternate - Jakarta, Ternate - Makassar, Ternate - Ambon, Ternate - Manado, Morotai – Ternate,  Ternate – Labuha, Ternate – Gebe, Gebe – Sorong, Ternate – Mangole, Ternate – Galela dan Ternate – Sanana," ujarnya, Sabtu (26/11/2022).
 
Pihaknya berharap rute – rute penerbangan tersebut bisa membantu masyarakat dan wisatawan yang datang untuk berkunjung dan menikmati Sail Tidore 2022.

Sail Tidore Tahun ini merupakan Sail Indonesia ke -12 yang menjadi event pelayaran internasional di perairan Indonesia, dengan mendatangkan pelayar-pelayar internasional yang bertujuan memperkenalkan sekaligus mempromosikan potensi daerah, sumber daya alam, kuliner dan kerajinan khas masyarakat di Maluku Utara. 

Baca Juga:
Meski Dampak Erupsi Gunung Semeru Tak Ganggu Operasional Bandara Sekitar, Ditjen Hubud Tetap Siaga

Keindahan Pulau Ternate dan Pulau Tidore akan menjadi daya tarik sehingga mampu mendongkrak perekonomian daerah setempat dengan kedatangan wisatawan mancanegara maupun domestik. 

“Kami berharap dengan dukungan transportasi udara ini akan memberikan kelancaran Sail Tidore 2022. Tugas kami menjamin keselamatan, keamananan dan kenyamanan pengguna jasa transportasi udara bagi pengunjung melalui Bandara Sultan Babullah,” tutur Isnin. (omy)