SCI Prediksi Kontribusi Sektor Transportasi dan Logistik 2023 Tembus Rp1.090,2 Triliun

  • Oleh : Naomy

Rabu, 30/Nov/2022 07:34 WIB
Logistik nasional via perairan (ist) Logistik nasional via perairan (ist)

BANDUNG (BeritaTrans.com) - Supply Chain Indonesia (SCI) memprediksi kontribusi lapangan usaha atau sektor transportasi dan pergudangan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) menembus angka Rp1.090,2 triliun pada 2023. 

SCI juga memprediksi kontribusi sektor itu hingga akhir 2022 akan mencapai Rp957,9 triliun setelah pada tahun sebelumnya sebesar Rp719,6 triliun.

Baca Juga:
Hadapi Kompleksitas Logistik, SCI Tingkatkan Kompetensi SDM

Prediksi itu menurut Chairman SCI & CEO Ruang Logistik Setijadi, berdasarkan analisis SCI atas data Badan Pusat Statistik (BPS) sampai triwulan III-2022.

"Data BPS menunjukkan sektor itu tumbuh tertinggi dibandingkan sektor-sektor lainnya pada triwulan I-III tahun 2022, berturut-turut sebesar 15,79 persen, 21,27 persen, dan 25,81 persen," tuturnya, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga:
Ancaman Krisis Pangan Makin Terasa, SCI Beri 5 Rekomendasi Ini

Di lain sisi, perekonomian nasional maupun sektor logistik secara khusus dipengaruhi oleh perkembangan geopolitik, disrupsi rantai pasok global, dan ancaman krisis tahun 2023.

Perkembangan, tantangan, dan peluang sektor logistik itu akan dibahas mendalam pada Seminar Outlook Bisnis Logistik 2023 di Surabaya dengan mengundang para pembicara berkompeten.

Baca Juga:
Penerapan Logistik Hijau Tingkatkan Efisiensi Hingga 20 Persen

Setijadi akan membahas mengenai peluang dan tantangan sektor logistik Indonesia serta antisipasi ancaman resesi pada tahun 2023. 

Logistic Director PT Unilever Indonesia, Tbk. Elice Yunus dan CEO PT Parama Global Inspira (Paragon Group) Yauche Lizar berturut-turut akan memaparkan perkembangan industri fast moving consumer goods (FMCG) dan industri kosmetik, serta proyeksi dan peluang bisnis dan logistiknya pada tahun 2023.

Fulfillment Center Manager PT Eden Pangan Indonesia Artha Nugraha Jonar dan Presiden Institut Otomotif Indonesia & Founder/CEO IBIMA I Made Dana M. Tangkas berturut-turut akan menyampaikan dari sisi industri pangan dan industri otomotif 

"Seminar juga akan menghadirkan Dirut PT Pelindo Solusi Logistik Joko Noerhudha dan Dirut PT Krakatau Jasa Logistik Puji Winarto yang akan menjelaskan peran industri jasa logistik dan transportasi multimoda dalam peningkatan efisiensi logistik dan pertumbuhan industri nasional,' kata dia.

Selain itu, Head of Commercial Mostrans Arnold Rudianto dan Founder move.online Teguh Siswanto akan memaparkan digitalisasi transportasi dan industri jasa logistik, serta peranannya dalam peningkatan efisiensi industri.

Setijadi menyatakan, seminar akan mempertemukan para praktisi penyedia dan pengguna jasa logistik, serta pemerintah, akademisi, dan pemerhati bidang logistik untuk membahas strategi terbaik dalam menghadapi peluang dan tantangan bisnis logistik tahun 2023. (omy)

Tags :