Grab Serahkan Rp2 Miliar Donasi Gempa Cianjur

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 02/Des/2022 16:44 WIB
Ilustrasi - Posko donasi Gempa Cianjur GRAB dan OVO di Cianjur, Jawa Barat. ANTARA/HO. Ilustrasi - Posko donasi Gempa Cianjur GRAB dan OVO di Cianjur, Jawa Barat. ANTARA/HO.

Jakarta (BeritaTrans.com) - Grab bersama OVO menyerahkan donasi gempa Cianjur, Jawa Barat senilai Rp2 miliar.

Adapun bantuan tersebut terdiri dari uang tunai sebesar Rp1 miliar, ribuan kode voucher donasi yang dapat digunakan masyarakat Indonesia saat memesan berbagai layanan Grab, menggratiskan biaya perjalanan dan pengantaran di platform Grab bagi relawan di Kabupaten Cianjur.

Selain itu adapula gratis biaya perjalanan penugasan darurat tiga unit kendaraan roda empat sebagai kendaraan operasional bagi relawan Jabar Bergerak dan Jabar Quick Response, serta pendirian posko darurat yang berfungsi sebagai dapur umum tambahan.

Istri Gubernur Jawa Barat dan Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Praratya mengapresiasi upaya Grab Indonesia dan OVO dalam membantu korban bencana alam di Kabupaten Cianjur.

"Meskipun tidak dapat menandingi pilu kehilangan anggota keluarga maupun tempat tinggal, uluran tangan dari berbagai pihak dapat membantu memenuhi kebutuhan esensial para pengungsi saat ini," kata Atalia dalam siaran pers Grab pada Jumat.

Atalia lantas menyampaikan terima kasihnya kepada Grab Indonesia dan OVO atas kontribusinya dalam penyediaan satu unit mobil operasional bagi para relawan dan uang tunai sebesar Rp250 juta kepada Jabar Bergerak.

"Hal ini tentunya membantu pemerintah dalam memudahkan penanganan bencana khususnya dengan terbatasnya armada transportasi dan kapasitas posko yang ada saat ini. Semoga hal ini bermanfaat bagi ribuan saudara-saudara kita yang saat ini masih berada di pengungsian."

Grab Indonesia telah mendirikan posko darurat di halaman kantor di area Cilaku, Kabupaten Cianjur, sejak Rabu (23/11) dengan fokus jadi dapur umum tambahan. Adapun operasional posko ini dijalankan oleh puluhan relawan yang terdiri dari mitra pengemudi Grab dan juga pegawai Grab Indonesia.

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi menyampaikan segenap keluarga besar Grab Indonesia dan OVO turut berduka atas musibah yang menimpa Kabupaten Cianjur.

"Solidaritas kemanusiaan ini merupakan salah satu bentuk empati dan uluran tangan bagi korban terdampak, termasuk juga para mitra pengemudi dan merchant kami. Grab percaya bahwa hanya dengan bergandengan tangan kita dapat sedikit demi sedikit memperbaiki keadaan. Kita semua juga berharap saudara-saudara kita di Cianjur dapat terus diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menghadapi masa sulit ini."

Untuk memberi kemudahan mobilisasi bagi para relawan di area yang terdampak gempa menuju ke posko-posko penting, Grab Indonesia juga memberikan layanan gratis bagi penggunaan GrabCar dan GrabBike serta meniadakan biaya pengiriman bagi layanan GrabExpress dan GrabFood dengan menggunakan kode voucher "PEDULICIANJUR".

Sejak 23 November 2022, Grab Indonesia juga telah mendirikan posko darurat di lokasi kantor yang berada di daerah Cilaku, Kab. Cianjur.

Adapun fungsi posko tersebut utamanya adalah sebagai dapur umum tambahan yang dapat membuat dan menyalurkan hingga 300 porsi makanan per harinya.

Hal ini dimungkinkan oleh kontribusi berbagai mitra strategis seperti AQUA dan Little Joy yang turut serta mengakomodir operasional posko dapur umum ini dengan pasokan kebutuhan air mineral dan bubuk tabur gizi untuk bayi dan balita.

Selain itu, posko ini juga jadi markas logistik untuk penyaluran ratusan paket sembako bagi mitra pengemudi dan merchant Grab yang terdampak bencana ini.

"Untuk itu, saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi para mitra pengemudi dan karyawan Grab Indonesia yang tanpa kenal lelah terus bersinergi untuk membantu rekan-rekan pengemudi dan UMKM Grab yang terdampak bencana ini. Berkat kerja sama solid ini, penanganan dan bantuan-bantuan yang disiapkan jadi lebih cepat sampai pada yang membutuhkan," kata Director of West Indonesia, Grab Indonesia, Richard Aditya.   (ny/Sumber:Antara)

Baca Juga:
Segini Tarif Ojol yang Berlaku Mulai Senin 29 Agustus