Rekomendasi BMKG: Sebagian Cugenang dan Pacet Tak Dihuni Pascagempa Cianjur

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 02/Des/2022 22:00 WIB
Kesimpulan rekomendasi BMKG pascagempa Cianjur. Kesimpulan rekomendasi BMKG pascagempa Cianjur.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merekomendasikan wilayah yang perlu dihindari untuk calon hunian tetap pascagempa Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Setidaknya ada sebagian dari dua kecamatan yang perlu dihindari pascagempa Cianjur.

Sebelumnya, parameter gempa Cianjur, dalam waktu 1 menit 18 detik dengan magnitudo 5.6 yang terjadi pada 21 November 2022, pukul 13.21 WIB, dengan kedalaman 11 KM, merusak banyak bangunan dan mengakibatkan banyak korban. 

"Berikutnya adalah wilayah yang justru direkomendasikan jangan untuk hunian, yang tidak untuk aman. Yang berdasarkan keaktifan sumber gempa pada area sistem Sesar Cimandiri. Hasilnya, menurut analisis kami, ada keaktifan sumber gempa pada area sistem Sesar Cimandiri yang meliputi Kecamatan Cugenang dan sebagian Kecamatan Pacet," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat siaran pers secara hibrid, Jumat (2/12/2022).

Dari Kecamatan Cugenang ada sebagian 10 desa yang perlu dihindari, sedangkan Kecamatan Pacet 1 desa. Rekomendasi berdasarkan kemungkinan aspek kegempaannya.

"Kemungkinan masih akan terulang paling tidak dalam periode 20 tahun, dari aspek kegempaannya," ujar Dwikorita.

Faktor lain dari rekomendasi ini adalah karena kondisi tanah. Kondisinya adalah kemiringan lereng dan kondisi tanah yang lunak sehingga rawan.

"Terutama kondisi kemiringan lereng, topografi, serta kondisi tanah-tanah lunak yang ada di area ini," ucap Dwikorita.

Namun BMKG mengingatkan zona-zona itu yang perlu dihindari dibangun calon hunian tetap. BMKG merekomendasikan wilayah yang layak untuk calon hunian tetap adalah wilayah Sirnagalih dan Murnisari dalam skenario satu, dan Cipendawa skenario dua.

"Kami menyebut desa, jangan disalahartikan seluruh desa itu masuk zona ini. Tidak sama sekali, hanya sebagian dari desa itu," imbuhnya.

Wilayah yang direlokasi mencakup zona seismik aktif gempa susulan, yang meliputi sebagian wilayah:
A. Cugenang
1. Desa Ciputri
2. Desa Pasir Sarongge
3. Desa Galudra
4. Desa Nyelindung
5. Desa Sukamulya
6. Desa Sarampad
7. Desa Talaga
8. Desa Salakawung
9. Desa Desa Cirumput
10. Desa Cibulakan
B. Pacet
1. Desa Ciherang

(fhm)