Naik dari Stasiun Bekasi Selalu Ramai, Penumpang KRL Biasa Berdiri Sepanjang Perjalanan

  • Oleh : Fahmi

Senin, 05/Des/2022 08:46 WIB
Suasana di depan pintu tap tiket KRL Stasiun Bekasi, Senin (5/12/2022). Suasana di depan pintu tap tiket KRL Stasiun Bekasi, Senin (5/12/2022).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Penumpang KRL Commuterline saat memasuki Stasiun Bekasi tampak ramai dan mengalir pada Senin (5/12/2022) pagi. Hal itu terlihat pada dua akses masuk baik dari selatan maupun utara stasiun.

Terlihat pada pagi jam sibuk ini, lebih banyak penumpang masuk stasiun tersebut dari pada yang keluar untuk mengakhiri perjalanan.

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Pada jalur masuk penumpang diwajibkan menujukan sertifikat vaksin atau melakukan scan QR Aplikasi Peduli lindungi.

Awal pekan ini banyak penumpang yang akan baru memulai aktifitasnya. Seperti salah seorang penumpang Hilman yang akan menggunakan moda transportasi masal ini ke daerah Tanah Abang.

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

"Mau enggak mau harus berangkat ramai-ramai begini, namanya juga pagi, apalagi hari senin. Nanti di juga bakalan ada yang naik lagi," kata Hilman di Bekasi, Senin (5/12/2022).

Dia menjelaskan, pada pagi hari suasana di dalam rangkaian selalu ramai dan padat. Dia hampir setiap pagi tidak pernah merasakan duduk di dalam rangkaian.

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

"Kalau duduk sih pernah, tapi sudah jarang sekarang. Soalnya kan banyak yang orang yang lebih butuh dari pada kita. Nanti kalau istirahat pas sudah sampai kantor aja," ungkap Hilman.

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id hingga pukul 7.00 di Stasiun Bekasi, penumpang masuk mengalir langsung. Penumpang KRL menunjukan sertifikat vaksin saat hendak memasuki area stasiun yaitu di dekat pintu gerbangnya.

Petugas terlihat banyak yang berjaga untuk mengatur alur masuk dan keluar penumpang KRL. Penumpang turun juga ramai terlihat akan meninggalkan area stasiun.

Penumpang masuk terus mengalir tanpa penyekatan, sejumlah penumpang lanjut usia, ibu, hamil juga terlihat pada jalur masuk. Penumpang tersebut berjalan melewati tangga hingga selanjutnya melakukan tap tiket dan naik KRL. Alur masuk penumpang tidak henti-hentinya terus mengisi jalur masuk di stasiun. 

Penumpang terlihat pada pintu tap tiket terus masuk mengalir tanpa henti. Penumpang terus berdatangan dari arah selatan atau utara stasiun.

Ketersediaan KRL saat ini di Stasiun Bekasi terus ada tanpa jeda yang lama. KRL ada yang telah memulai perjalanan dari arah Cikarang maupun arah Stasiun Transit Manggarai.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan total penumpang commuterline Jabodetabek sepanjang Bulan November kemarin tercatat sebanyak 21.588.614 orang, dengan rata-rata pengguna setiap harinya sebanyak 719.620 orang. 

Angka tersebut naik 2% jika dibanding dengan rata-rata penguna pada Bulan Oktober 2022 yaitu sebanyak 703.446 orang per hari. Khusus pada hari libur nasional atau libur akhir pekan Bulan November rata-rata volume pengguna sebanyak 587.541 orang. 

"Tren tersebut juga naik sebanyak 2% jika dibanding volume rerata-rata pengguna pada hari libur akhir pekan Bulan Oktober lalu," terang VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi, Ahad (4/10/2022).

Dengan penambahan tren pengguna, KAI Commuter saat ini mengoperasikan perjalanan commuterline sebanyak 1.081 perjalanan mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB tiap harinya. 

Perseberan penumpang dikatakannya terjadi pukul 05.30 – 07.30 WIB, dan mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB pada hari kerja. Sedangkan pesebaran pengguna commuterline pada hari libur atau akhir pekan terfokus pada pukul 09.00 – 17.00 WIB. 

KAI Commuter terus mengimbau agar pengguna selalu ikuti arahan petugas, memperhatikan petunjuk-petunjuk arah di stasiun, tertib dalam bercommuter dan selalu waspada. 

"Selalu merencanakan perjalanannya dengan cermat, gunakan aplikasi KRL Access untuk mendapatkan info kepadatan di stasiun, posisi kereta secara real time, dan jadwal perjalanan commuterline serta tetap patuhi protokol kesehatan selama bercommuter," kata Anne.(fhm)