Fasilitas Stasiun Tugu, Bisa Numpang Mandi Mewah di Shower dan Nitip Barang di Locker

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 08/Des/2022 21:11 WIB
Suasana shower room and locker kini hadir di Slasar Malioboro yang berlokasi di Stasiun Tugu, Jalan Pasar Kembang, Yogyakarta. (Dok HUMAS KAWISATA) Suasana shower room and locker kini hadir di Slasar Malioboro yang berlokasi di Stasiun Tugu, Jalan Pasar Kembang, Yogyakarta. (Dok HUMAS KAWISATA)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Beragam fasilitas umum oleh PT Kereta Api Indonesia untuk mendukung pariwisata di Yogyakarta. 

Salah satu di antaranya adalah bangunan bernama Shower & Locker di Stasiun Tugu Yogyakarta. 

Fasilitas sewa shower room dan locker ini disediakan untuk para penumpang kereta api dan wisatawan atau pelancong yang baru tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta dan ingin segera bersih-bersih badan tapi belum bisa check in hotel. 

Bangunan yang berada di Jalan Pasar Kembang, Stasiun Tugu itu akan memudahkan pelancong mencari tempat mandi dan penyimpanan barang yang aman. 

Fasilitas terbuka bagi masyarakat yang hendak membersihkan diri di shower dan menitipkan barang di locker ini dengan fasilitas bintang empat. Resik dan mewah. 

Shower dan Locker di Stasiun Tugu Yogyakarta dibuka pada 21 Juni 2021. Sejak hari itu hingga 27 Mei 2022, tercatat sedikitnya ada 7.083 pengunjung telah menggunakan layanan shower dan locker tersebut.

Cara Mengakses Shower & Locker

Tujuan utama didirikannya Shower & Locker di Stasiun Tugu Yogyakarta ialah untuk memenuhi kebutuhan turis. 

Shower room dan loker itu bisa diakses oleh siapapun, baik itu wisatawan yang ada di Malioboro maupun yang melakukan perjalanan domestik menggunakan KA. 

Hingga saat ini, pembayaran fasilitas sewa shower room dan locker hanya bisa menggunakan sistem non-tunai. 

Untuk menggunakan shower room dan locker di Stasiun Tugu Yogyakarta, pengunjung dapat membayar dengan nominal khusus. 

Para pengguna shower cukup membayar Rp 40.000 per orang. Sedangkan para pengguna locker dapat membayar Rp 20.000 per jam. 

Shower dan locker itu memiliki jam operasional mulai pukul 05.00 - 23.00 WIB. 

Sebanyak enam shower room dan 44 locker dapat digunakan untuk untuk pria maupun wanita.

Kenyamanan yang Ditawarkan

PT Kereta Api Indonesia memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang memanfaatkan fasilitas Shower & Locker ini. 

Ruang shower cukup luas dan resik. Pengguna akan dipinjami handuk bersih dan wangi. 

Selain itu, bangunan ini ramah bagi penyandang disabilitas. Tersedia ruang untuk kamar pancur pria, wanita, dan penyandang disabilitas. 

Adapun tempat penyimpanannya cukup banyak sehingga Anda tak perlu khawatir kehabisan tempat penitipan selagi ingin jalan-jalan sebentar ke Malioboro. 

Tak ada salahnya dicoba jika kita terdesak untuk segera ke tempat acara dengan penampilan maksimal, tanpa perlu masuk hotel dulu. (fhm/sumber:Tempo)