Top Markotop, President Director Angkasa Pura II Terpilih jadi Anggota Dewan Regional Airport Council International

  • Oleh : Naomy

Minggu, 11/Des/2022 21:31 WIB
Muhammad Awaluddin didampuk jadi Anggota Dewan RegionalACi Muhammad Awaluddin didampuk jadi Anggota Dewan RegionalACi

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Top markotop,  Airport Council International (ACI) Asia-Pacific melalui 34th Board Meeting yang berlangsung di Muscat, Oman, 6 Desembe 2022 memilih President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin sebagai Anggota Dewan (Board Member) ACI Asia-Pacific. 

Baca Juga:
Digital Talent, Penopang Strategi Transformasi Digital Tingkat Nasional

ACI Asia-Pacific merupakan bagian dari ACI World sebagai perwakilan dari 1.950 bandara di 185 negara. 

Sementara itu, Dewan ACI Asia-Pacific merupakan governing body (badan pemegang otoritas) dari ACI Asia-Pacific yang bertanggung jawab terhadap kebijakan dan manajemen fiskal. 

Baca Juga:
Jelang Angleb, Bandara Supadio Pontianak Memastikan Pelayanan Prima

Muhammad Awaluddin saat ini menjabat sebagai President Director AP II untuk periode kedua, dengan tugas utama mengelola 20 bandara di Indonesia termasuk yang tersibuk di ASEAN yakni Bandara Soekarno-Hatta. 

Sebagai Anggota Dewan ACI Asia-Pacific, Awaluddin akan berkolaborasi dengan 29 orang anggota dewan (board member) lainnya terdiri dari pemimpin bisnis di sektor aviasi di wilayah Asia Pasifik dan Timur Tengah, dalam memberikan arahan strategis bagi ACI Asia-Pacific untuk upaya advokasi, program dan berbagai kegiatan. 

Baca Juga:
Tahun 2024, Bandara SMB II Palembang Target Layani 2,7 Juta Penumpang

Sebagai bagian dari ACI World, ACI Asia-Pacific mewakili kepentingan bandara; mengembangkan standar, kebijakan dan best practice untuk kebandarudaraan; menyajikan informasi dan pelatihan untuk meningkatkan standar di dunia, serta sebagai platform komunitas bagi pemangku kepentingan di industri kebandarudaraan.

ACI Asia-Pacific merupakan salah satu kantor regional ACI World di lima wilayah di dunia. Keempat kantor regional lainnya adalah ACI Europe, ACI Africa, ACI Latin American-Caribbean dan ACI North America. 

Awaluddin menuturkan, kepercayaan dari ACI Asia-Pacific ini dapat turut mendorong pengembangan sektor transportasi udara di Tanah Air. 

“Kesempatan menjadi Anggota Dewan ACI Asia-Pacific akan digunakan untuk membawa kepentingan bandara-bandara nasional dan sektor transportasi udara dalam negeri di tingkat regional, serta agar kepentingan tersebut mendapat tempat khusus di ACI sebagai organisasi yang membawahi bandara di dunia, untuk tujuan antara lain meningkatkan konektivitas udara dan standar transportasi udara di Indonesia dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat,” urai Awaluddin, Ahad (11/12/2022). 

Dipilihnya anggota dewan asal Indonesia sekaligus menandakan bahwa sektor transportasi udara di Tanqh Air memiliki peran strategis bagi industri aviasi global, termasuk di tengah periode pemulihan penerbangan yang tengah terdampak pandemi. 
 
“Pengelola bandara di Asia Pasifik, termasuk AP II yang mengelola 20 bandara di Indonesia, tengah berupaya membangkitkan industri penerbangan. ACI akan berkolaborasi dengan para stakeholder di industri aviasi untuk mendorong kebangkitan industri penerbangan yang tengah tertekan tantangan berat pandemi COVID-19, termasuk memastikan pemulihan penerbangan di dalam negeri dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Adapun pada 34th Board Meeting, ACI Asia-Pacific juga menunjuk dua anggota baru lainnya untuk menjadi anggota dewan (board member). 

Mereka adalah CEO of Australia Pacific Airport Corporation (APAC) Lorie Argus, dan Chang Yi Wang selaku Chairman of Capital Airports Holding Limited & Beijing Capital International Airport Co. Ltd. 

Total, ACI Asia-Pasific memiliki sebanyak 30 anggota dewan (board member).

President of ACI Asia-Pasific Emmanuel Menanteau mengatakan, para anggota baru diyakini dapat mendukung pemulihan di industri penerbangan. 

“Kami sangat terhormat dan berterima kasih kepada seluruh jajaran profesional dengan pengalaman luas di industri aviasi yang telah bergabung. Saya meyakini para anggota baru akan terus memberikan advokasi yang kuat, untuk membantu pemulihan perjalanan seiring dengan pemulihan di industri. Keahlian profesional mereka sangat berharga karena kami bekerja dengan dengan seluruh stakeholder untuk menghidupkan kembali industri ini,” ujar Emmanuel.

Sementara itu, Director General of ACI Asia-Pacific Stefano Baronci mengucapkan selamat kepada anggota yang terpilih untuk berada di jajaran dewan (board). 

"Australia, China dan Indonesia adalah pasar yang penting di wilayah kita," katanya. (omy)