SO Stasiun Bekasi, Ada Penyesuaian Operasi KRL Lintas Bekasi Khusus Jumat 16 Desember 2022

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 16/Des/2022 19:17 WIB
Penumpang KRL di Stasiun Bekasi.(Ilustrasi) Penumpang KRL di Stasiun Bekasi.(Ilustrasi)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta Dan Banten (BTPWJB) Direktorat Jenderal Perkeretaapian bekerjasama dengan KAI Commuter dan KAI DAOP 1 Jakarta akan melakukan melakukan pelaksanaan Switch Over (SO) Stasiun Bekasi pada Jumat (16/12/2022) malam.

Pelaksanaan SO ini karena telah selesainya pembakan mengaktifkan Jalur rel, Bangunan baru dan Fasilitas pengguna KA di jalur I, II, dan jalur III Stasiun Bekasi.

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Pelaksanaan SO Stasiun Bekasi ini juga merupakan hasil dari proses pembangunan proyek Double-Doeble Track (DDT) pada lintas Cakung-Bekasi oleh BPTWJB. 

Untuk mendukung pelaksanaan ini, KAI Commuter akan menyesuaikan jadwal perjalanan commuterline dengan membatalkan 6 perjalanan khusus pada lintas Cikarang/Bekasi – Kampung Bandan pada malam hari mulai pukul 22.15 WIB. Sementara itu untuk lintas pelayanan commuterline lainnya berjalan normal. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Berikut jadwal perjalanan Commuterline terakhir khusus Lintas Cikarang/Bekasi - Kampung Bandan pada Jumat malam, 16 Desember 2022:

1. Nomor kereta : 5077B Bekasi-Angke (Via Manggarai), keberangakatan pukul : 22.56 WIB.
2. Nomor kereta : 6099 Bekasi-Jakarta Kota (Via Pasar Senen), keberangkatan pukul : 23.32 WIB.
3. Nomor kereta : 5079A Cikarang-Manggarai, keberangkatan pukul 23.15 WIB.
4. Nomor kereta : 5072B Angke-Cikarang (Via Manggarai), keberangkatan pukul : 22.39 WIB.
5. Nomor kereta : 5074B Angke-Bekasi (Via Manggarai), keberangkatan pukul : 22.59 WIB.
6. Nomor kereta : 5078B Angke-Manggarai keberangkatan pukul 00.05 WIB.

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Sebelum pelaksanaan SO Stasiun Bekasi ini, dalam meningkatkan pelayanan kepada para pengguna KAI Commuter mulai Sabtu 15 Oktober 2022 lalu di Stasiun Bekasi telah mengoperasikan loket baru untuk membeli dan isi ulang Kartu Multi Trip (KMT) yang berada di area lantai 1 bangunan baru. 

Bangunan loket baru ini menggantikan bangunan loket lama yang berada di lantai dasar dari pintu masuk sisi Selatan dari arah Jl. Juanda.

KAI Commuter juga telah mengoperasikan hall lantai 1 di sisi Utara untuk akses flow pengguna yang akan masuk dan keluar stasiun dari arah Jalan Perjuangan. Pengoperasian akses flow pengguna di hall lantai 1 sisi Utara stasiun dari arah Jalan Perjuangan ini juga dilakukan untuk menjamin keselamatan pengguna di Stasiun Bekasi, yang sebelumnya jika akan bertransaksi di loket dan masuk area peron harus menyebrangi jalur rel.

Stasiun Bekasi sendiri merupakan salah satu stasiun tersibuk di wilayah operasional commuterline, dengan rata-rata pengguna pada Bulan November kemarin sebanyak 23.807 orang per hari dan melayani 285 perjalanan commuterline per hari. 

Stasiun ini tidak hanya melayani perjalanan commuterline saja, tapi juga melayani beberapa pelayanan naik dan turun pengguna kereta antar kota.

KAI Commuter terus mengimbau kepada seluruh pengguna commuterline untuk mengatur kembali jam perjalanan khusus pada Jumat 16 Desember malam. (Fhm)