Ratusan SMK se-Jabar Pamerkan Produk Unggulan di Bandara Kertajati Majalengka

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 17/Des/2022 01:06 WIB
Pelajar SMK menampilkan produk dan inovasi unggulan dalam Explore SMK Jabar Juara 2022 di BIJB, Kertajati, Majalengka, Kamis (15/12/2022). (FOTO: ISTIMEWA) Pelajar SMK menampilkan produk dan inovasi unggulan dalam Explore SMK Jabar Juara 2022 di BIJB, Kertajati, Majalengka, Kamis (15/12/2022). (FOTO: ISTIMEWA)

MAJALENGKA (Beritatrans.com) - Ratusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jawa Barat memamerkan produk dan inovasi unggulan dalam acara Explore SMK Jabar Juara 2022 di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Kegiatan bertema "Eksplorasi dalam Kreasi dan Inovasi" yang dihelat 15-17 Desember 2022 ini dihadiri ribuan pengunjung. 

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar Dedi Supandi mengatakan, terdapat 220 SMK se-Jabar yang terlibat dalam Explore SMK Jabar Juara 2022, baik itu SMK Pusat Keunggulan, Non-Pusat Keunggulan, dan SMK berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Baca Juga:
Bandara Kertajati Layani Angleb Setelah Operasi Penuh, Jumlah Penumpang di Puncak Mudik Tembus 2.386

Mereka menampilkan beragam produk unggulan dari kategori teknologi, pertanian, hospitaly, ekonomi kreatif (ekraf), kelautan, hingga industri di 133 both yang disediakan. 

"Luar biasa ternyata ada 133 both dengan berbagai macam kreasi dari kategori teknologi, pertanian, hospitaly, ekraf, kelautan hingga industri," kata Kadisdik Jabar di sela acara Explore SMK Jabar Juara 2022, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga:
Bandara Kertajati Terus Upaya Penambahan Rute Penerbangan

Dedi Supandi menyatakan, Explore SMK Jabar Juara 2022 merupakan buah dari berbagai inovasi yang telah dilakukan selama kurun waktu satu tahun, termasuk 17 kurikulum industri untuk menopang teaching factory (Tefa) di SMK.

Melihat cukup banyak produk unggulan yang dipamerkan, ujar Dedi, penambahan SMK berstatus BLUD di Jabar yang saat ini berjumlah 35 SMK semakin terbuka. "Hari ini adalah puncaknya kami lakukan pameran hasil produk karya anak-anak SMK," ujar Dedi Supandi. 

Baca Juga:
Menhub Tinjau Bandara Internasional Jawa Barat, Persiapan Angkutan Lebaran

Berkaca dari antusiasme seluruh pihak pada kegiatan Explore SMK Jabar Juara 2022, untuk tahun depan, pihaknya akan kembali menggelar kegiatan serupa. Bahkan, akan dilaksanakan untuk setiap semester agar kian memacu SMK di Jabar bereksplorasi mencetak produk yang inovatif dan berguna bagi masyarakat.

"Karena nanti akan semakin banyak industri kedepannya justru akan mengambil langsung anak-anak SMK untuk bisa bekerja di tempatnya," tutur Kadisdik Jabar. 

Disdik Jabar, kata Dedi Supandi, terus berupaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di SMK agar sesuai keinginan industri. Tujuannya agar ketika menuntaskan sekolah kelak, para lulusan siap bekerja. "Ternyata luar biasa. SMK itu bisa, SMK itu hebat, dan saya punya keyakinan SMK itu siap kerja," ucapnya.

Diketahui, dalam upaya mewujudkan semangat SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Juara, Disdik Jabar berkolaborasi dengan sejumlah pihak, seperti perguruan tinggi, perbankan, industri, pengusaha hingga komunitas. Bahkan, beberapa di antaranya skala internasional.

Dalam gelaran ini, Disdik Jabar berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi Pendamping di antaranya Seameo, Polindra, Akademi Tata Boga Bandung, ITB dan IPB. Termasuk juga dengan sejumlah industri di antaranya PT Samsung, PT LSKK, PT Skyline Semesta, dan Telkomsel.

Agar lebih mengoptimalkan potensi SMK Jabar agar memiliki daya saing, pada kegiatan ini juga dilakukan dua Perjanjian Kerjasama, yaitu dengan PT Electronic Science Indonesia tentang Peningkatan Kualitas Pendidikan Vokasi Melalui Program Bca Cash Management Academy. 

Termasuk juga dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk tentang Pemanfaatan Aplikasi BJB Disentra sebagai Media Belajar Kewirausahaan dan Literasi Perbankan pada SMK di Provinsi Jabar. (ny/Sumber:iNews.id)