Spektakuler! Angkasa Pura II Kenalkan Robot Bella, Sajikan Mamin dan Hand Sanitizer Gratis untuk Traveler di Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu di Masa Nataru

  • Oleh : Naomy

Senin, 19/Des/2022 11:32 WIB
Robot Bella Angkasa Pura II Robot Bella Angkasa Pura II

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Spektakuler, inovasi tanpa henti, PT Angkasa Pura II memperkenalkan robot pelayan kepada traveler di Bandara Soekarno-Hatta (Banten) dan Bandara Kualanamu (Deli Serdang).

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

Robot pelayan itu diberi nama Bella dan berinteraksi langsung dengan traveler. Dia bertugas melayani traveler sepanjang periode peak season angkutan Natal dan Tahun Baru pada 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023. 

Di Bandara Soekarno-Hatta, Bella bertugas secara bergantian di boarding lounge Terminal 3 (domestik dan internasional) serta Terminal 2 dan Terminal 1 untuk berkeliling menyapa traveler, serta membagikan secara gratis makanan ringan, minuman dan hand sanitizer. 

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

Tugas Bella di Bandara Kualanamu pun sama, yakni menyapa traveler dan membagikan makanan dan minuman ringan serta hand sanitizer kepada traveler di boarding lounge keberangkatan domestik dan internasional. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin menuturkan, kehadiran Bella di tengah traveler merupakan salah satu upaya perseroan untuk secara berkelanjutan menghadirkan pelayanan berbasis teknologi dan berkelas dunia. 

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

“Ada dua unit robot Bella yang dihadirkan di tengah periode angkutan Natal dan Tahun Baru. Satu di Bandara Soekarno-Hatta, dan satu unit lainnya ada di Bandara Kualanamu. Kehadiran Bella ini menjadi satu langkah maju bagi AP II dalam mengimplementasikan teknologi robot dalam melayani traveler," beber Awaluddin, Senin (19/12/2022).

Robot Bella diharapkan juga dapat menghibur traveler di tengah peak season libur Nataru ini. Kehadiran robot Bella merupakan layanan khusus selama periode angkutan Nataru untuk menciptakan customer experiences yang baik, serta sekaligus sebagai  apresiasi dari AP II terhadap traveler.

Awaluddin menuturkan, robot Bella menjadi bagian dari evolusi layanan yang tengah dicanangkan AP II di Bandara Soekarno-Hatta dan bandara-bandara perseroan lainnya. 

"Adapun operasional Bella dimonitor oleh PT Angkasa Pura Solusi (APS) yang merupakan anak usaha dari AP II," ungkapnya. 

Direktur Utama APS Dorma Manalu menyampaikan, robot Bella dapat beroperasi maksimal 6 - 8 jam per hari.

“Robot Bella dapat bergerak secara mandiri atau autonomous (otonom) dalam berkeliling menyapa traveler. Dia dilengkapi dengan sensor dan kamera 360 derajat untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan,” ujar Dorma. 

Bella ini melengkapi jajaran robot yang telah dioperasikan di Bandara Soekarno-Hatta seperti robot pembersih lantai (robotic scrubber drier), baggage towing tractor, robot DiLo, serta transportasi publik yang juga dapat dioperasikan secara otonom yakni Skytrain guna menghubungkan setiap terminal di bandara. (omy)