Presiden Jokowi Targetkan Bangun 60 Bendungan hingga Akhir 2024

  • Oleh : Dirham

Selasa, 20/Des/2022 14:42 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan bendungan. Presiden Jokowi saat meresmikan bendungan.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Presiden Jokowi menargetkan sebanyak 50-60 bendungan dapat terbangun hingga 2024. Hal tersebut ia sampaikan saat meresmikan pengoperasian Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, Selasa (20/12/2022). 

"Sejak 2015 kita telah memulai pembangunan bendungan-bendungan dan waduk-waduk. Dan sampai hari ini Bendungan Semantok ini adalah bendungan yang ke 30 yang telah kita resmikan. Dari nantinya target kurang lebih 50 atau 60-an di akhir 2024," ujar Jokowi. 

Jokowi dalam kesempatan tersebut berharap agar keberadaan bendungan tersebut dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Nganjuk dan sekitarnya. Jokowi menyebutkan keberadaan air sangat penting dan menjadi kunci bagi masyarakat khususnya untuk pertanian dan sektor lainnya. 

"Apapun Air adalah kunci baik bagi pertanian, listrik, pariwisata, semuanya. Oleh sebab itu. Semakin banyak bendungan kita bangun, produksi pertanian kita semakin baik, kesejahteraan petani juga semakin baik," ucap Jokowi. 

Bendungan Semantok disebutkan Jokowi dibangun sejak 2017 dan menghabiskan anggaran Rp 2,5 Triliun.

"Bukan uang yang sedikit tapi memang kapasitas tampung bendungan ini sangat besar sekali 30,26 juta meter kubik dengan luas genangan 365 hektar yang kurang lebih mengairi sawah 1.900 hektar," ungkap Jokowi. 

Dengan bendungan ini Jokowi meyakini mestinya setiap wilayah sawah di Kabupaten Nganjuk yang berada di daerah bawah dapat teraliri. 

"Yang biasa panen sekali bisa panen dua kali, kalau biasanya panen dua kali, bisa tiga kali. Yang biasanya tidak bisa ditanam padi bisa panen padi. Semoga berguna untuk petani di Kabupaten Nganjuk dan Jawa Timur," lanjut Jokowi.

Jokowi kemudian meresmikan pengoperasian Bendungan Semantok tersebut yang juga dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan jajarannya serta perwakilan petani. 

"Dengan menyebut bismillahirrahmanirrahim pada siang ini Bendungan Semantok Kabupaten Nganjuk Jawa Timur saya nyatakan dibuka secara resmi," pungkas Jokowi. 

Usai memberikan sambutan, Jokowi kemudian melakukan pemutaran kunci air dan penandatanganan prasasti di Bendungan Semantok. (ds/sumber Sindonews.com)