Bandara Husein Sastranegara Gelar Apel dan Mulai Operasikan Posko Nataru

  • Oleh : Naomy

Selasa, 20/Des/2022 15:13 WIB
Apel pembukaan Posko Nataru di Bandara Husein Sastranegara Apel pembukaan Posko Nataru di Bandara Husein Sastranegara

BANDUNG (BeritaTrans.com) - Bandara Husein Sastranegara, Bandung kelolaan PT Angkasa Pura II gelar Apel dan operasikan Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

Executive General Manager PT Angkasa Pura II, Bandara Internasional Husein Sastranegara R. Indra Crisna Seputra menyampaikan,  menghadapi masa Nataru, pihaknya mempersiapkan strategi antisipasi sektor transportasi udara, agar penyelenggaraan Nataru dapat berjalan lancar dan memenuhi aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan penerbangan serta penerapan protokol kesehatan. 

"Untuk mengantisipasi peningkatan lalu lintas penerbangan, kami mengoperasikan Posko Gabungan Angkutan Nataru," ujar Indra di Bandung, Selasa (20/12/2022). 

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

Posko tersebut sebagai wadah koordinasi seluruh stakeholder Bandara yaitu Ap II selaku operator Bandara, Lanud, Polri, Otoritas Bandara, Maskapai, Pemerintah Daerah, KKP, Karantina, Bea Dan Cukai, serta Imigrasi, juga menyiagakan hampir 200 personel untuk memastikan kelancaran angkutan Nataru tahun ini. 

Personel tersebut terdiri dari personel Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF), Apron Movement Control (AMC), Aviation Security (AVSEC), Customer Service, Terminal Inspection Service, serta BKO Dari Lanud.

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

Pihaknya juga menyiapkan lokasi vaksinasi bagi calon pengguna penerbangan yang dilakukan petugas KKP. 

"Itu semua dilakukan dengan harapan dapat melayani masyarakat pengguna penerbangan dari dan ke Bandung dengan nyaman, aman dan selamat di periode Angkutan Nataru," ucapnya. 

Adapun perkiraan jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Husein Sastranegara periode angkutan Nataru 2022 yakni 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 diperkirakan sebanyak 36.077 penumpang.

Ada peningkatan sebesar 21% apabila dibandingkan dengan jumlah penumpang pada periode yang sama di tahun 2021 yaitu sebanyak 29.830 penumpang. 

Sementara itu, pergerakan pesawatnya diperkirakan meningkat juga sebesar 21% sebanyak 288 penerbangan dari jumlah perioda yang sama pada tahun 2021 sebanyak 239.

"Puncak arus mudik masa nataru di Bandara Husein diprediksi akan terjadi pada (H-1) yaitu 24 Desember 2022, dengan jumlah pergerakan penumpang sebanyak 2.578 penumpang," ungkap dia.

Sementara puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada (H+2) pada 2 Januari 2023 sebanyak 2.454  penumpang.

Kendati tahun ini tidak ada pembatasan mobilitas pada penyelenggaran Nataru, kami mengimbau kepada calon pengguna jasa transportasi udara untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan tetap memenuhi aturan persyaratan kesehatan yang berlaku seperti menunjukkan persyaratan dokumen yang diperlukan untuk bepergian dengan pesawat, Surat Vaksin Dosis Ketiga (Booster) dan selalu menggunakan masker selama penerbangan.

"Kita semua berharap penyelenggaraan penerbangan nataru tahun ini dapat berjalan lancar, selamat, aman, nyaman serta sehat menyertai mobilitas pengguna jasa transportasi udara ke daerah masing-masing," kata Indra.

Apel diselengarakan di area check in terminal internasional Bandara Husein, Senin (19/12/2022).

Hadir dalam kesempagan itu Komandan Lanud Husein Sastranegara diwakilkan oleh Pejabat jajaran Lanud Husein Sasatranegara: Kadis Ops Lanud Husein Sastranegara Bandung; Dansatpom  Lanud Husein Sastranegara Bandung; Kasi Base Ops Lanud Husein Sastranegara Bandung; dan Ka Intel Lanud Husein Sastranegara Bandung;

Hadir juga Kepala Kepolisisan Sektor (Kapolsek) Cicendo; Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bandung; General Manager Perum Lppnpi (Airnav Indonesia) Cabang Bandung; Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Bandung; jajaran CIQ Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung: Kepala Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Cukai Type Madya Pabean A Bandung; Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandung; Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas II Bandung; serta Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Bandung.

Perwakilan pejabat Airlines yang beroperasi di Bandara Husein di antaranya hadir Station Manager PT Citilink; Distrik Manager Lion Grup; Station Manager Lion Grup; Station Manager PT Indonesia Air Asia; dan Station Manager Singapore Airlines.

Kepala PT Pertamina (Persero) DPPU Husein Sastranegara; jajaran Pejabat Groundhandling: Branch Manager Prathita Titiannusantara; General Manager Gapura Angkasa; General Manager Avia Citra Dirgantara; Pimpinan PT Mitra Adira Utama; Pimpinan PT Boby Parkir; dan Pimpinan PT Citra Lintas Angkasa. (omy)