Wow, Angkasa Pura II Sabet Predikat Perusahaan Sangat Terpercaya 3 Tahun Berturut-turut

  • Oleh : Naomy

Rabu, 21/Des/2022 21:46 WIB
Bandara kelolaan Angkasa.Pura II Bandara kelolaan Angkasa.Pura II

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Wow, PT Angkasa Pura II, pengelola 20 bandara di Indonesia, kembali sabet predikat sebagai perusahaan Sangat Terpercaya atau Most Trusted Companies dalam ajang Indonesia Most Trusted Companies 2022.

Raihan ini adalah ketiga kalinya secara berturut-turut, meski sempat berada di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga:
Digital Talent, Penopang Strategi Transformasi Digital Tingkat Nasional

Predikat tertinggi Most Trusted Companies diberikan setelah The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bersama SWA menetapkan nilai Corporate Governance Perception Index (CGPI) AP II sebesar 86,52 untuk penilaian tahun buku 2021. 

Skor CGPI sendiri ditentukan berdasarkan riset untuk mengukur penerapan Good Corporate Governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik di perusahaan. Penilaian CGPI mencakup struktur governansi (governance structure), proses governance (governance process) dan hasil governance (governance outcome). 

Baca Juga:
Jelang Angleb, Bandara Supadio Pontianak Memastikan Pelayanan Prima

Sebelumnya, AP II juga berhasil meraih predikat Most Trusted Companies pada 2019 dengan skor CGPI sebesar 86,01 dan pada 2020 dengan skor CGPI sebesar 86,37. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin menuturkan, penguatan penerapan GCG menjadi fokus AP II setiap tahunnya.

Baca Juga:
Tahun 2024, Bandara SMB II Palembang Target Layani 2,7 Juta Penumpang

“Penguatan penerapan GCG menjadi kewajiban bagi setiap perusahaan termasuk AP II. Di dalam tiga tahun terakhir, AP II selalu meraih predikat Most Trusted Companies dalam Indonesia Most Trusted Companies 2022, dengan indeks skor yang secara konsisten meningkat hingga pada 2022 dapat mencapai skor CGPI sebesar 86,37," ujar Awaluddin di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

AP II memiliki visi On Becoming Airport Enterprise Leader in the Region pada 2024. Untuk menjadi pemimpin pasar operator bandara di ASEAN itu tentunya AP II harus benar-benar memiliki pondasi kuat sebagai organisasi yang sehat, dan salah satunya adalah AP II harus menerapkan prinsip GCG dengan baik. 

Dia menuturkan penghargaan Most Trusted Companies 2022 ini membuktikan bahwa AP II dapat tetap menjaga penerapan GCG dengan baik meski berada di bawah tekanan pandemi Covid-19.

“Sepanjang tahun 2021, AP II melakukan berbagai upaya untuk bangkit dari hantaman pandemi yang memberikan tantangan terberat sepanjang masa bagi dunia penerbangan dan pariwisata. Penilaian independen CGPI dari perspektif stakeholder menandakan bahwa AP II telah menjaga kinerja perusahaan di tengah pandemi dengan tetap mengedepankan prinsip GCG,” urai Awaluddin. 

Director of Human Capital AP II Ajar Setiadi menyampaikan, penghargaan yang diraih ini menjadi penyemangat bagi sumber daya manusia (SDM) di AP II untuk selalu memberikan yang terbaik. 

“Penghargaan Most Trusted Companies yang diraih AP II menjadi penyemangat untuk selalu meningkatkan penerapan tata kelola perusahaan yang baik dalam menjaga dan memperkuat konektivitas transportasi udara di Indonesia,” ujar Ajar.

Menurutnya, penerapan CGG yang kuat oleh SDM AP II juga akan menjadikan perseroan semakin kompetitif dalam persaingan di tingkat regional dan global. 

Melalui skoring CGPI yang dilakukan, AP II dapat menetapkan indikator atau standar kualitas penerapan GGC yang ingin dicapai ke depannya sehingga dapat selalu menerapkan praktik bisnis beretika dan menjaga kepercayaan investor serta publik terhadap perusahaan. (omy)