Pengumuman! Pembayaran Tiket KRL dengan Aplikasi LinkAja Ditutup 16 Januari 2023

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 22/Des/2022 05:43 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pembayaran tiket kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek dan Jogja-Solo tidak lagi bisa menggunakan aplikasi LinkAja mulai 16 Januari 2023. Itu lantaran kerja sama antara PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) berakhir.

"Sehubungan dengan kerja sama antara PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dalam rangka penyediaan metode pembayaran transportasi KCI, maka dapat diinformasikan bahwa untuk saat ini kerja sama tersebut belum dapat dilanjutkan kembali," kata Head of Corporate Secretary Group LinkAja Reka Sadewo dalam keterangannya, Selasa (20/12/2022). 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Karena itu, dia menuturkan, aplikasi LinkAja dan LinkAja Syariah sebagai pilihan metode pembayaran tiket pada gerbang Commuterline baik di Jabodetabek, maupun Commuterline Jogja-Solo dengan menggunakan QR Code, tidak dapat digunakan sebagai metode pembayaran mulai 16 Januari 2023. Namun, sebelum 16 Januari 2023, layanan pembayaran melalui LinkAja masih bisa dilakukan. 

"Demi kenyamanan dan kepuasan pengguna adalah prioritas kami, selama proses transisi berlangsung, LinkAja menjamin seluruh transaksi tetap aman dan terlindungi," ujarnya.

Baca Juga:
Puncak Angkutan Lebaran 2024, KCIC Catat Penumpang Whoosh Capai Lebih 21 Ribu

Dijelaskan, jika ditemukan adanya kendala transaksi yang terjadi sebelum 16 Januari 2023, para pengguna dapat menghubungi call center LinkAja (150911), atau live chat di www.linkaja.id (menu pelanggan). Para pengguna juga dapat menghubungi petugas KCI seluruh loket stasiun KRL.

"Kami akan menginformasikan melalui saluran resmi LinkAja dan juga KCI apabila LinkAja dan LinkAja Syariah dapat kembali digunakan sebagai salah satu metode pembayaran transportasi KCI," ucapnya.

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Sementara itu, Humas PT KAI Commuter Indonesia Leza Arlan membenarkan kabar tersebut.

"Iya betul, untuk layanan LinkAja di commuterline (akan) dihentikan," katanya kepada wartawan. 

Leza menuturkan, pemberhentian layanan pembayaran tiket KRL hanya di LinkAja, sedangkan pembayaran lainnya masih tetap berlaku. Adapun pengguna KRL Jabodetabek dan Jogja-Solo dapat menggunakan pilihan pembayaran lain, seperti Kartu Multi Trip (KMT), kartu elektronik bank, dan QRIS Code lainnya (QR Code khusus commuterline) di Jabodetabek. (fhm)