KAI Commuter Tambah 6 Perjalanan KRL Rute Jogja-Solo-Palur Khusus Nataru

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 22/Des/2022 16:17 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

YOGYAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter menambah 6 operasional pelayanan KRL Commuterline rute Jogja-Solo-Palur dalam masa liburan Natal dan tahun baru (Nataru) mendatang. Penambahan dilakukan mulai 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

"Khusus di wilayah VI Yogyakarta, KAI Commuter menambah 6 operasional pelayanan perjalanan Commuterline Yogya-Solo-Palur menjadi 30 perjalanan tiap harinya mulai dari 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 mendatang," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba melalui keterangan tertulis untuk wartawan, Rabu (21/12/2022).

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Sedangkan untuk perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta-Kutoarjo pulang pergi (PP) pihaknya tetap mengoperasikan 8 perjalanan. KAI Commuter memprediksi kenaikan volume pengguna Commuterline Jogja-Solo pada masa Angkutan Nataru 2022-2023 sebesar 48% jika dibandingkan dengan Nataru 2022 atau sebanyak 278 ribu orang.

"Dari segi pengamanan, KAI Commuter menyiagakan 200 orang petugas baik dari personel internal maupun keamanan dari TNI/Polri," ujarnya.

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Selanjutnya, untuk pelayanan di stasiun petugas Passenger Service (PS), dibantu oleh 13 orang Costumer Service Mobile (CSM) akan membantu dan mengarahkan para pengguna yang akan menggunakan kereta. Mengingat dalam masa angkutan Nataru tahun ini, stasiun-stasiun akan didatangi oleh pengguna musiman yang bermobilisasi menggunakan commuterline dan KA Prameks.

Terlepas dari hal tersebut, KAI Commuter mengimbau kepada para pengguna untuk pembelian tiket dapat dilakukan dengan transaksi non tunai, transaksi pembayaran menggunakan uang elektronik seperti Kartu Multi Trip (KMT) atau kartu uang elektronik bank.

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

"Sedangkan untuk pengguna KA Prameks, pemesanan tiket bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access mulai tujuh hari sebelum pemberangkatan atau pembelian tiket pada hari keberangkatan menggunakan KMT atau kartu uang elektronik Bank selama kuota tiap jadwal perjalanannya masih tersedia," ucapnya.

KAI Commuter juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak bepergian menggunakan commuterline dan KA Lokal Prameks mengutamakan keselamatan dan selalu ikuti arahan petugas. Selain itu, pengguna yang membawa anak-anak diminta untuk memastikan selalu dalam pengawasan dan penjagaan orang tua atau pendamping selama perjalanan.

"Untuk bantuan informasi dan update perjalanan dapat menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau mengakses akun media sosial resmi @commuterline," katanya.(fhm)