Rute Internasional Terpendek Batik Air Pertama dari Banda Aceh tujuan Penang

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 25/Des/2022 10:13 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Batik Air merilis fakta menarik mengenai penerbangan internasional terpendek pertama. Rute tersebut dari Banda Aceh dengan tujuan Penang.

Batik Air mempermudah perjalanan internasional dari Aceh untuk kepentingan bisnis, wisata dan keluarga.

Baca Juga:
Batik Air Tawarkan Liburan Murah ke Luar Negeri dari Pekanbaru, PP dan Nginap 3 Hari di Kualalumpur Mulai Rp 826 Ribu

"Memberikan pilihan baru terbang dari Indonesia ke Malaysia yaitu Penang setelah tujuan Kuala Lumpur dari Jakarta – Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangarang Banten (CGK), Bandara Internasional Juanda Surabaya (SUB), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali (DPS) dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (UPG) serta rute Pekanbaru (PKU) tujuan Malaka (MKZ)," ujar Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro dikutip keterangan resmi, Ahad (25/12/2022).

Foto oleh Irfan Fuadi, fotografer Dinas Perhubungan Provinsi Aceh

Baca Juga:
Batik Air Buka Rute Terbang Kualanamu-Penang Malaysia, Ini Jadwalnya!

Danang menyatakan, penerbangan berjadwal penumpang (regular flight) dalam upaya mendukung gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) sehingga semakin menarik minat wisatawan mancanegara dengan memiliki pilihan destinasi baru yaitu Aceh dengan kearifan lokal yang ditawarkan.

"Koneksi penerbangan Lion Air Group lebih banyak dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (connecting flight) tujuan Medan Kualanamu, Batam, Padang, Palembang, Pekanbaru, Gunungsitoli, Jambi, Lhoksumawe, Meulaboh, Padang Sidempuan, Sibolga, Silangit, Simeulue, Takengon, Jakarta Soekarno-Hatta, Jakarta Halim Perdanakusuma, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Lombok serta kota tujuan lainnya," sebut Danang.

Baca Juga:
Dukung Kalteng Expo 2023, Batik Air Sediakan 5.616 Kursi Domestik dan Aksesibilitas 67.392 Kursi Rute Internasional

Foto oleh Irfan Fuadi, fotografer Dinas Perhubungan Provinsi Aceh

Rute ini diperkenalkan sebagai rute pertama dan terpendek Batik Air untuk cakupan internasional dari Banda Aceh tujuan Penang, durasi waktu 50 menit untuk sekali jalan.

foto dok. Batik Air

Peresmian terbang perdana oleh: (kiri – kanan) Kepala Dinas Perhubungan Aceh, T. Faisal; Walikota Banda Aceh, H Bakri Siddiq SE Msi didampingi Direktur Teknik Batik Air, Abdul Rahman Mewar di gedung VIP Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ).

Foto dok. Batik Air

Pengalungan syal tanda penerimaan penerbangan internasional Batik Air pertama menuju Penang, dari Pj. Walikota Banda Aceh kepada Direktur Teknik Batik Air, Abdul Rahman Mewar.

Foto dok. Batik Air

Simbolissasi plakat dari Gubernur Aceh melalui Kepala Dinas Perhubungan Aceh, T. Faisal kepada Direktur Teknik Batik Air, Abdul Rahman Mewar.

Foto. Dok Batik Air

Penerbangan rute Banda Aceh – Penang PP, Batik Air mengoperasikan pesawat Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 156 kelas ekonomi). Armada ini merupakan generasi modern dan baru yang dikirim dari pabrikan pesawat.

Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Siklus udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.

Foto oleh Irfan Fuadi, fotografer Dinas Perhubungan Provinsi Aceh

Pramuari dan pramugara Batik Air saat peresmian terbang perdana. Pramugari untuk penerbangan dari dan menuju Banda Aceh wajib mengenakan model seragam yang dipadukan dengan hijab.

Foto oleh Irfan Fuadi, fotografer Dinas Perhubungan Provinsi Aceh

Tahap awal, Batik Air menawarkan jadwal terbang satu) kali setiap Senin, Rabu, Jumat atau 3 kali dalam sepekan.

  • Rute Banda Aceh (BTJ) – Penang (PEN) dengan nomor terbang ID-6698 dan jadwal terbang 09.30 dan jadwal tiba 11.40
  • Rute Penang (PEN) – Banda Aceh (BTJ) dengan nomor terbang ID-6699, adapun jadwal terbang pukul 12.30 dan jadwal tiba 12.40. 

(fhm)