Stasiun PasarSenen Sediakan Porter Gratis untuk Penumpang Prioritas

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 25/Des/2022 18:25 WIB
Foto/dok.KAI Foto/dok.KAI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT KAI Daop 1 Jakarta menyediakan layanan khusus porter gratis di Stasiun Pasarsenen selama masa Nataru. Hal ini untuk memudahkan penumpang Kereta Api yang akan melalui jalur penyebrangan bawah (underpass) untuk menuju kereta yang berada di jalur 3 dan 4.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan para porter memiliki seragan khusus berupa rompi oren dan akan melayani penumpang prioritas.

Baca Juga:
KAI Layani 218 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Balik Mudik, KA Ini Paling Diminati!

"Petugas akan membantu penumpang yang terlihat membutuhkan bantuan khususnya pada lansia, disabilitas, ibu hamil dan anak-anak yang akan melintasi underpass menuju peron 3 dan 4 saat akan berangkat ataupun sebaliknya," ujar Eva dalam keterangan resmi, Ahad (25/12/2022).

Layanan ini kata Eva tidak dipungut biaya bagi mereka penumpang yang memang membutuhkan dan lebih diprioritaskan.

Baca Juga:
H+4 Lebaran, 28.000 Penumpang Kereta Api Padati Stasiun-Stasiun di Wilayah Daop 5 Purwokerto

"Para pelanggan KA di Stasiun Pasar Senen yang akan menuju kereta di jalur 3 dan 4 dapat memanfaatkan layanan porter gratis tersebut," ujar Eva.

Layanan porter gratis dihadirkan karena pada musim liburan karakteristik penumpang KA yang berangkat mayoritas bersama keluarga dan membawa anak serta barang bawaan yang cukup banyak. 

Baca Juga:
KAI Daop 5 Purwokerto Imbau Masyarakat Manfaatkan Program KA Motis Guna Tekan Angka Kecelakaan

Sementara untuk layanan porter dengan tips jasa sesuai kebijakan pengguna juga masih juga masih ada untuk membantu pelanggan KA di area Stasiun. 

Puncak Penumpang Nataru

Adapun pada masa Nataru 2022/2023 Stasiun PasarSenen merupakan Stasiun KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta untuk pemberangkatan KA Ekonomi yang mengalami peningkatan volume cukup tinggi. 

Pada Jumat lalu (23/12) secara total terdapat sekitar 23 ribu pengguna berangkat dari Stasiun PasarSenen. 

Sementara untuk hari ini pada Minggu (25/12) tercatat sekitar 18.800 penumpang berangkat. meski mengalami penurunan dibandingkan tanggal 23 dan 24 Des lalu, namun jumlah tersebut masih mengalami peningkatan dibandingkan dengan volume di akhir pekan normal dengan rata-rata penumpang berangkat sekitar 11 ribu penumpang. (fhm)