Eks Pramugari Ini Ungkap Tempat Paling Kotor di Pesawat

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 27/Des/2022 07:48 WIB
Toilet pesawat.(Ist) Toilet pesawat.(Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Seorang mantan pramugari membongkar tempat yang paling kotor di dalam pesawat. Tempat tersebut adalah toilet pesawat. 

BeritaTranscom melansir dari detikTravel, berbicara kepada spesialis kamar mandi Sanctuary Bathrooms, dan dikutip The Sun, mantan pramugari yang enggan disebutkan namanya mengatakan saking kotornya, seseorang dianjurkan mengenakan masker.

Baca Juga:
Pramugari Sarankan Agar Hindari Gunakan Tisu Toilet Pesawat, Kenapa?

"Tidak ada jendela dan ventilasi sehingga udaranya buruk. Artinya, setiap kali Anda ke toilet, Anda akan menghirup udara dari banyak orang lain yang buang hajat sebelum Anda, apalagi kalau itu penerbangan jarak jauh. Anda juga bisa menghirup partikel feses yang beredar di udara dalam toilet setelah toilet disiram," kata dia.

Pramugari itu juga menyarankan penumpang untuk tidak menyikat gigi di kamar mandi pesawat. 

Baca Juga:
Pramugari Ini Berbagi Kisah Horror di Pesawat, Pernah Berbicara Dengan Hantu

"Jangan membersihkan gigi di toilet pesawat. Air di pesawat semuanya berasal dari tangki air yang sama dan tidak disaring," kata pramugari itu.

"Jika Anda benar-benar perlu, gunakan air kemasan tetapi saran utama saya adalah jangan membawa sikat gigi atau tas cuci Anda di dekat toilet pesawat," kata dia.

Pramugari itu juga mengimbau penumpang untuk tidak pernah menyentuh permukaan apa pun, termasuk kursi toilet. 

"Kedengarannya dramatis tapi saya sangat menyarankan Anda menghindari kontak langsung dengan sebanyak mungkin permukaan, di bilik toilet pesawat," katanya.

Saat membuka pintu, dia merekomendasikan menggunakan kaki atau memakai sarung tangan plastik sekali pakai untuk menyentuh pegangannya. 

"Kebanyakan toilet pesawat menyediakan tisu di sebelah wastafel. Bersihkan setiap permukaan sebelum Anda menyentuhnya," kata dia.

"Jika itu tidak memungkinkan, ambil beberapa lembar tisu dan gunakan bantuan membuka pintu. Skenario terburuk, gunakan buku-buku jari Anda, daripada jari dan tangan Anda langsung membersihkan setelahnya. Akhirnya, hindari duduk di toilet dan menyentuhnya," dia menambahkan.

"Kalau susah menyeimbangkan, biasanya ada pegangan yang bisa dipegang, tapi sekali lagi, bersihkan terlebih dahulu atau tutupi dengan tisu. Langkah serupa berlaku untuk menyentuh tombol flush," dia menambahkan.(fhm/sumber:detiktravel)