Jelang Tahun Baru, Unit Lantas Bekasi Timur: Cek Kelengkapan Kendaraan dan Tertib Berlalu Lintas untuk Keselamatan Bersama

  • Oleh : Bondan

Selasa, 27/Des/2022 23:06 WIB
Operasi Lilin Jaya 2022. Foto: BeritaTrans.com. Operasi Lilin Jaya 2022. Foto: BeritaTrans.com.

BEKASI (BeritaTrans.com) — Menjelang pergantian Tahun, Unit Lantas Bekasi Timur fokus dalam pengamanan dan pengaturan arus Lalu Lintas pada Operasi Lilin Jaya 2022, di Wilayah Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Kepala Unit Lantas Bekasi Timur, AKP Farida mengatakan, selama Nataru, kendaraan angkutan barang besar akan dialihkan langsung ke Tol Jakarta-Cikampek untuk mengurangi kemacetan.

Baca Juga:
Persiapan Arus Mudik Lebaran 2024, Polisi Survei Jalur Tol

“Kendaraan yang sumbu tiga itu dialihkan dari yang mau ke Jakarta-Cikampek ke alternatif untuk mengurangi kemacetan. Karena otomatis kendaraan-kendaraan menjelang Tahun Baru pada keluar semuanya,” ujar AKP Farida kepada BeritaTrans.com di Pos Polisi Lantas Bekasi Timur, Selasa (27/12/2022).

Kepala Unit Lantas Bekasi Timur, AKP Farida. Foto: BeritaTrans.com.

Baca Juga:
Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar Kembali Ditutup Usai Libur Nataru

Lebih lanjut dia mengimbau kepada setiap warga masyarkat yang menggunakan kendaraan agar selalu tertib berlalu lintas sebelum dan saat malam pergantian Tahun.

“Sebagai pengguna jalan harus tertib berlalu lintas, pengguna roda empat menggunakan sabuk pengaman dan roda dua menggunakan helm. Dan menghindari penggunaan handphone saat berkendara, itu yang utama. Karena itu menyangkut keselamatan bersama yang dapat menimbulkan fatalitas kecelakaan yang tinggi,” jelasnya.

Baca Juga:
Sebanyak 4,9 Juta Kendaraan Lintasi 3 Ruas Tol Milik Astra Infra Selama Libur Nataru

Untuk personel yang diterjunkan gabungan dari Kepolisian, TNI, maupun Pemerintahan serta instansi terkait lainnya untuk menjaga malam pergantian Tahun.

“Menjelang Tahun Baru, kita kan ada Pospam Nataru di masing-masing wilayah, memberikan imbauan melalui spanduk yang terpasang, bahwa menjelang Tahun Baru ini bagaimana supaya masyarakat tertib berlalu lintas,” tambahnya.

Selain itu, menjelang hingga malam pergantian Tahun Baru, jika diketemukan pelanggaran terhadap pengendara yang melintas tidak ada penindakan. Namun, akan diberikan imbauan dan edukasi ke pengguna jalan tersebut.

“Sesuai dengan instruksi, jika diketemukan pelanggaran lalu lintas akan diberikan imbauan dan edukasi kepada pengguna jalan untuk tertib berlalu lintas secara humanis. Dan jangan lupa juga cek kelangkapan kendaraannya mulai dari surat-surat hingga yang lainnya,” tutupnya. (Dan)